Netters sekalian,

Setahu saya, bayi memang sering gumoh atau mengeluarkan lendir/ susu setelah
diberikan minum ASI/ susu botol.
Kebanyakan hal ini disebabkan pencernaan dan usus bayi belum sempurna dapat
menyerap dan menyalurkan makanan/ minuman yang masuk ke saluran. Selain itu
karena di dalam rongga lambung ada udara, jadi apabila cairan masuk ke
dalamnya, otomatis udara akan naik ke atas (krn berat jenis nya lebih ringan
dari cairan) dan mencari ruang kosong utk keluar melalui rongga mulut. Kalau
orang dewasa biasanya udara keluar ini kita sebut dgn sendawa.

Nah, karena mekanisme pencernaan bayi belum sempurna tadi, makanya masih ada
sisa makanan/ minuman yg belum tercerna ikut keluar bersama udara melalui
rongga mulut.
Oleh karena itu, bila bayi diberi AS/ susu botol, sebaiknya diberi jeda
setiap 3-5 menit. Dan pada saat jeda tsb, posisikan bayi tengkurap di atas
pundak Ibu, lalu tepuk2 perlahan punggung bayi (bagian atas). Bisa juga bayi
ditengkurapkan atau didudukkan (bila sudah bisa) di atas pangkuan kita, dan
ditepuk2 punggungnya. Tunggu sampai bayi bersendawa. Ini utk membantu agar
udara dapat keluar tanpa diikuti cairan/ makanan yg telah masuk ke saluran
pencernaan. Lalu teruskan memberikan ASi/ susu botol. Dan lakukan hal yang
sama scr berulang2.
Utk susu yang diberikan dgn botol,  karena disalurkan dgn dot karet/ silikon
akan berakibat lebih banyaknya udara yang ikut masuk ke dlm rongga perut
bayi. Sehingga perlu ditambah frekuensi sendawanya. Namun perlu diingat utk
tidak terlalu tergesa2 dlm melakukan ini.
Cairan gumoh yang ikut masuk ke hidung bisa juga disebabkan terlalu kerasnya
kita menepuk2 punggung bayi, sehingga udara yg keluar sangat kuat, sehingga
terdorong ke atas masuk ke rongga hidung.
Memang perlu kesabaran tinggi dalam memberi minum/ ASI kpd bayi. Tetapi
itulah seninya menjadi seorang Ibu. Kelembutan dan kasih sayang seorang Ibu
akan tampak dari bagaimana cara ia menangani dan menggendong bayinya, dan
tentu saja juga cara ia menyusui.
Mohon maaf kalau bahasa saya terlalu menggurui, semoga dapat membantu.
Salam peluk cium dari saya utk si kecil Anda semua.

DIAH RIYAWANTI
email: [EMAIL PROTECTED]
Phone: 62 21 573 0474
Fax: 62 21 574 7160