Ibu Fatimah yang baik,

sebenarnya saya sendiri 'tidak terlalu mengkuatirkan' hal tersebut. Saya hanya
menjawab pertanyaan seorang ibu/bapak (saya lupa) tentang hubungan MMR dengan autisme.
Putra saya (15 bulan) sendiri sudah menerima semua imunisasi wajib pemerintah plus 3 x
HIB, cacar air dan MMR. Saya sendiri baru tahu dari ibu saya tentang hubungan autisme
dengan imunisasi yang diterima balita. Yang jelas kita memang harus hati-hati, karena
kadang-kadang (maaf) DSA juga tidak teliti, mungkin karena pasien terlalu banyak atau
karena kasus-kasus 'aneh' yang sangat sedikit. Sekali lagi maaf, tidak ada maksud
untuk menjelekan siapa pun atau profesi apapun. Ini cuma berbagi cerita beneran. Teman
baik ibu saya, pada waktu putrinya berusia 3 bulan menerima imunisasi DPT I, pulangnya
bukan  hanya sekedar panas tapi deman dan juga 'gemetaran', pada waktu imunisasi DPT
II, DSA-nya sedang cuti dan diganti oleh DSA lain. Kepada dokter pengganti ini
diceritakan pengalaman waktu putrinya mendapat DPT I, kata d!
okternya, oh itu tidak apa-apa, kan cuma sebentar saja toh ? Ternyata sepulang dari
DPT II itu, putrinya kejang-kejang. Sampai sekarang (usianya 8 th), putrinya masih
sering kejang, belum bisa bercakap-cakap, tidak bisa bersekolah di sekolah umum dan
jalannya tidak lancar. Menurut DSA, bila pada waktu menerima DPT I si anak nampak
gemetaran berarti dia tidak 'kuat' menerima imunisasi itu, jadi harusnya tidak
diberikan DPT II, tapi DT saja. Apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur, putrinya
katanya menderita semacam 'epilepsi'.
Jadi, kita memang harus extra hati-hati. Salam !

Mama Jonathan