From: Stella Martini <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Monday, November 15, 1999 2:47 PM
Subject: Re: [balita-anda] fwd: failure notice

>Ibu Fatimah yang baik,
>
>sebenarnya saya sendiri 'tidak terlalu mengkuatirkan' hal tersebut. Saya
hanya menjawab pertanyaan seorang ibu/bapak (saya lupa) tentang hubungan MMR
dengan autisme. Putra saya (15 bulan) sendiri sudah menerima semua imunisasi
wajib pemerintah plus 3 x HIB, cacar air dan MMR. Saya sendiri baru tahu
dari ibu saya tentang hubungan autisme dengan imunisasi yang diterima
balita. Yang jelas kita memang harus hati-hati, karena kadang-kadang (maaf)
DSA juga tidak teliti, mungkin karena pasien terlalu banyak atau karena
kasus-kasus 'aneh' yang sangat sedikit. Sekali lagi maaf, tidak ada maksud
untuk menjelekan siapa pun atau profesi apapun. Ini cuma berbagi cerita
beneran. Teman baik ibu saya, pada waktu putrinya berusia 3 bulan menerima
imunisasi DPT I, pulangnya bukan  hanya sekedar panas tapi deman dan juga
'gemetaran', pada waktu imunisasi DPT II, DSA-nya sedang cuti dan diganti
oleh DSA lain. Kepada dokter pengganti ini diceritakan pengalaman waktu
putrinya mendapat DPT I, kata dokternya, oh itu tidak apa-apa, kan cuma
sebentar saja toh ? Ternyata sepulang dari DPT II itu, putrinya
kejang-kejang. Sampai sekarang (usianya 8 th), putrinya masih sering kejang,
belum bisa bercakap-cakap, tidak bisa bersekolah di sekolah umum dan
jalannya tidak lancar. Menurut DSA, bila pada waktu menerima DPT I si anak
nampak gemetaran berarti dia tidak 'kuat' menerima imunisasi itu, jadi
harusnya tidak diberikan DPT II, tapi DT saja. Apa mau dikata, nasi sudah
menjadi bubur, putrinya katanya menderita semacam 'epilepsi'.