Dear mamanya Hanif Faturrahman ,

> Mohon maaf, apabila pertanyaan saya ini sudah sering ditanyakan.
> Sudah 2 hari ini putra saya ( 16 bln ) tidak mau sama sekali makan bubur
> tim nya , > tetapi saya tidak memaksakannya, jadi hanya minum susu, makan
telor 1/2 matang,
> dan buah...apakah itu hampir mencukupi kebutuhannya ?
> Saya bingung sekali, kalau dikasih buburnya dia pasti menjerit-jerit.
> Saya tidak tega memaksakannya, dan apakah Pediasure benar-benar sbg.
> pengganti kebutuhan makanannya ?
> Dan saya minta saran, beberapa bulan yg lalu saya dapat info bahwa anak
> [...]

Bu . kalau kejadian anak ibu tdk mau makan itu sudah berlangsung cukup lama
, sebaiknya ibu ke DSA , karena mungkin lidahnya atau gusinya ada yg sakit.
Tapi kalau itu terjadi kadang2 ( beberapa hari saja ) , saya kira itu
lumrah , rata2 anak usia seanak ibu , pasti ada saat2 nya dia tdk nafsu
makan.
Atau mungkin juga karena dia kurang cocok dengan menunya, coba menunya
diganti , misalnya dulunya bubur tim dengan semua dicampur jadi satu (beras
dan lauknya ) sekarang coba dipisah , bubur putihan + lauknya disendirikan
seperti cara kita makan.
Anak saya usianya 2 th , makannya juga susah banget , kadang satu kali
makan porsinya cuma 3 sendok saja , tapi kadang2 kalau dia lagi nafsu makan
dan menunya cocok , dia bisa tambah sampai dua mangkok.
Kalau dia makan cuma sedikit , biasanya saya kasih camilan2 , keju , roti ,
telor, atau apa aja yg sekiranya cukup bergizi .
Saya rasa Pediasure , telor dan buah  cukup bergizi juga  ,

Mengenai Tunghai , banyak yang berpendapat kalau tunghai menambah nafsu
makan , tapi mungkin tergantung anaknya juga ya ?
Karena anak saya sama aja nafsu makannya walau saya kasih tunghai.
Kemudian saya ganti dengan vit Kiddi......(kalau nggak salah Kiddi
Pharmaton ) , baru nafsu makannya  agak lebih baik , meskipun masih nggak
terlalu membantu.

Semoga bermanfaat.