[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Rekan-rekan,
>
> Umur berapa sih anak udah bisa menggunakan toilet ?

Bisa dicoba bila anak sudah bisa duduk sendiri dan kalau sudah mulai belajar berjalan.
Anak saya sudah dibiasakan sejak 11 bulan, saya belikan dudukan toilet (kebetulan saya
menemukan dudukan plastik yang murah meriah tanpa merk di Borma Supermarket Bandung,
kan kalau yang bermerek seperti Chicco atau Pigeon mahal ya?). Tapi pada awal-awal kita
mendudukkan anak di atas toilet training itu, tetap masih dipegang badannya. Setelah
terbiasa, bisa dilepas tapi tetap kita jaga. Ketika usia mulai menginjak 2 tahun, anak
sudah bisa ditinggal kalau dia lagi bab. Nanti kalau udah puas juga dia manggil kita.

> Anak saya 22 bulan ... tapi masih bab & pipis di pampers.
> Udah bisa bilang "mama, pipim ...." atau "mama, ee' ..."
> tapi kalo udah keluar .... bukan sebelumnya ...
>
> Ada yang punya pengalaman memberikan toilet training
> untuk anak ? Sebenernya perlu nggak sih toilet training itu ?
> Soalnya ada yang bilang "ntar kalo udah agak besar juga bisa sendiri ...
> nggak usah diajarin ...."

Memang sih kalau mulai ngajarinnya udah lewat setahun, anak biasanya sudah punya banyak
rasa takut, jadi susah ngajarinnya. Kalau anak saya sudah saya ajarkan walaupun dia
belum mengerti. Tinggal kitanya aja yang harus ingat kalau anak sudah lama belum pipis,
dan kapan biasanya anak ingin bab. Kalau bab-nya biasa pagi hari, kita biasakan ketika
dia bangun tidur kita bawa ke toilet. Kalau dia belum mau, diingatkan lagi beberapa
saat, dan menanyakan apakah dia sudah mau bab apa belum. Terus, kalau usia 22 bulan sih
rasanya sudah mengerti kalau diajak komunikasi kan? Jadi kita jangan bosan-bosan
memberi tahu kalau mau pipis atau bab, bilang dulu sama mama ya.. jangan pipis dulu...
Nah, pada awalnya memang agak sulit buat si kecil, tapi bukan berarti dia tidak
mengerti, cuma belum bisa mengatur atau menahan saja. Lama-lama juga bisa kok, insya
Allah.