Bapak/Ibu yang saya hormati.

Saya ingin mendapatkan informasi mengenai keloid.

Anak saya umur 2.5 tahun laki-laki. Awal Mei 1999 yang lalu accident menimpa
anak saya. Kuah bakso panas mengenai dadanya, Setelah dibawa ke rumah sakit
(PT. Inco Soroako) dilakukan pengobatan, dan seminggu kemudian sudah sembuh.
Tetapi bekas lukanya yang dalam (luka bakar tingkat 2) sekarang tumbuh
keloid kira-kira 3 x 1 cm menonjol. Saya pernah konsulltasi dengan dokter
bedah (dr. oeke di Ujungpandang) beliau mengatakan bahwa keloid itu tumbuh,
jadi harus diangkat.

Pertanyaan saya :

1.      Apakah kalau keloid tersebut diangkat nantinya tidak tumbuh kembali
2.      Apakah bisa diatasi dengan operasi plastik atau sejenisnya
3.      Kalau operasi harus dibius total, apakah dampaknya terhadap
pertumbuhan/perkembangan anak saya dan resiko apa saja yang muncul
4.      Apakah ada obat (salep misalnya) yang dapat menekan pertumbuhan
keloid tersebut supaya tidak terus tumbuh membesar
5.      Usia berapakah yang relative aman kalau misalnya harus diopersai

Sebelumnya mohon maaf karena banyak sekali pertanyaan saya. Informasi dari
Bapak/Ibu akan sangat saya hargai.

Terimakasih.

Best regards
Sudarno