Ibu Fara,

     Sharing pengalaman pribadi saya. Dulu waktu anak saya seumur Ifa, menu
     makanannya saya buat bervariasi. Hampir seperti kombinasi makanan orang
     dewasa hanya saja tidak pedas.

     Bergantian dengan daging sapi & ayam, saya juga berikan telor, ikan, udang,
     hati ayam. Cakar ayam saya campurkan hanya kalau campurannya daging ayam
     (supaya rasa/baunya nggak kacau). Ikannya bisa jenis apa saja yang bisa
     ditemukan di supermarket dalam bentuk 'fillet' (dijual dalam potongan tanpa
     tulang). Kalau ikannya agak amis, bisa dicampurkan sedikit jahe (supaya
     tidak amis, sebelum makan jahenya jangan lupa diangkat supaya tidak
     termakan). Kalau bayi agak alergi makanan laut (anak bayi kalau pertama
     kali diberikan seafood menunjukkan sedikit gejala alergi), menurut DSOG
     saya jangan langsung dihentikan, melainkan diteruskan saja, supaya sistem
     kekebalan tubuhnya terbentuk.  Kalau gejala alerginya agak hebat mungkin
     perlu konsultasi ke DSOG-nya Ifa.

     Sayurannya juga saya berikan berbagai macam sayuran, tentu saja yang
     mengandung vitamin. Yang suka saya berikan (selain bayam & wortel) adalah
     brokoli, kacang merah (harus direndam dulu dan diiris halus), labu siam,
     daun singkong, kangkung, jagung (diserut), dan lain-lain.  Tomat hampir
     selalu saya campurkan karena memberikan rasa yang segar, dan sangat baik
     untuk mata (kecuali kalau ada campuran wortelnya, karena keduanya sumber
     vitamin A).  Yang penting makanannya harus ada sayuran hijau dan
     merah/orange-nya, selain untuk kelengkapan gizinya juga supaya 'warna'nya
     lebih menarik.

     Berasnya juga sekali-sekali saya ganti dengan beras merah atau kentang
     dihaluskan. Supaya nggak bosen.

     Alhamdulillah anak-anak saya (sekarang 3 & 4 tahun) selain makannya tidak
     bermasalah, juga suka berbagai macam makanan.

     Mudah-mudahan bermanfaat, dan Ifa jadi lahap lagi makannya.

     Salam hangat,
     Diary.