Subject: Re: [balita-anda] makan bayi umur 10 bln
Author:  [EMAIL PROTECTED] (Mia & Mahaendra Gofar) at bngtw
Date:    02/08/1900 4:21 PM

Dear netters, khususnya ibu Fara, ibu Lidia, dan ibu Ratna,

Saya tertarik dengan diskusi makanan bayi  yang ada disini. Bayi saya 11
bulan, tapi sampai saat ini belum pernah saya kasih bubur ataupun nasi tim
dengan  ikan.  Selain karena memang saya gak bisa masaknya, takut amis, juga
karena saya takut salah pilih ikannya.

Selama ini dia saya bikinkan bubur beras dengan variasi daging antara ayam,
kalkun dan daging sapi ataupun sapi muda. Kebetulan saya tinggal di Jerman,
sehingga daging kalkun gampang didapat. Selain itu saya juga kasih bayi saya
hati ayam. Sementara untuk telur saya menunggu hingga dia 1 tahun, baru akan
saya berikan.
Untuk sayurannya saya kasih wortel, tomat, jagung, ataupun kacang ercis,
brokoli dan bayam. Sementara beras selalu saya pakai, tetapi dicampur dengan
kentang ataupun makaroni.  Karena bayi saya susah minum susu botol, saya
selalu kasih keju di buburnya, dan juga saya taburi susu bubuknya. Karena
dia cuma mau minum ASI saja.
Hanya saja, saya selalu buat bubur untuk anak saya dalam jumlah banyak,
kemudian saya masukkan ke botol-botol kecil, bekas botol makanan bayi yang
saya beli di pasaran. Kemudian saya bekukan, baru kemudian kalau mau dipakai
dihangatkan kembali. Saya baca cara ini dari buku 'baby'nya Sears and Sears.

Saya ingin coba buatkan bubur dengan ikan untuk anak saya, tapi mungkin rekan
netters bisa bantu ikan apa saja yang bagus untuk percobaan awal. Dan, ibu
Ratna, soal jahe untuk ngurangi amis ikan, apa maksudnya jahenya di masukin
ke buburnya?

Dan mungkin rekan netters lain ada yang tahu, kira-kira berapa kg kenaikan
berat badan anak setelah umur 6 bulan. Perasaan waktu anak saya 6 bulan dia
sudah mendekati 8kg, tapi sekarang 11 bulan,  beratnya belum juga 11 kg.
Apa ada pengaruh teething mengingat sampai sekarang anak saya belum juga
tumbuh gigi, dan minum susu botolnya susah. :-(

thks,
Mia - mamanya Kevin alias Kay