Dear Mbak (atau Mas)....
Saya pernah menggunakan breast pump hampir 3 tahun yang lalu. Awalnya saya
menggunakan yang manual, tapi cape banget, jadi beli lagi yang electric.
Nah....yang ini kerjanya lebih mudah dan cepat. Breast pump saya yang
menggunakan botol dan ukuran mulutnya masuk kesemua merk botol. Kalo harga
dan mereknya mungkin saya kurang bisa informasikan karena pada saat itu
saya lagi tidak di Indonesia.

Mengenai efeknya, ya pasti ada. Yang pasti penggunaan breast pump ini lebih
menyakitkan daripada menyusui bayi. Tapi karena dulu puting saya masuk ke
dalam, jadi harus dibantu oleh breast pump ini. Peditrician dan perawat
yang merawat saya (karena saat itu saya punya nursing problem) menyarankan
jangan memakai breast pump terlalu sering karena disamping bisa menyebabkan
infeksi (ditandai dengan bintik-bintik merah di bawah payudara) juga akan
mengeringkan ASI karena stimulasi sucking bayi dengan pompa berbeda. Dan
benar, loh, ASI saya sempat kering beberapa hari. Tetapi perawat itu dan
ibu-ibu kelompok meyusui di lingkungan saya, tetap menyemangati saya untuk
menyusui bayi sehingga ASI keluar lagi.

Dari situ saya dapat pengalaman, bahwa pemberian ASI dan susu formula pada
saat bersamaan di awal usia bayi akan mengurangi kesenangan anak akan ASI.
. Dan lagi...pemakaian  dot juga bisa membingungkan si bayi akan puting si
ibu. Ini hanya mengomentari artikel ASI Eksklusif beberapa hari lalu karena
hal itu benar terjadi pada saya.

Moga bisa sedikit membantu.

Ika