Mama Al dan Bobo,

Saya mengerti sekali perasaan Ibu, sayapun mengalami hal yang sama.
anak saya sekarang 16 bulan tapi makannya sekarang sudah mendingan
Saya coba share pengalaman saya.
-. Perhatikan jarak waktu minum susu dengan jam makan, biasanya anak saya
    saya beri makan 2,5 jam setelah minum susu(tergantung anaknya)
-. Coba perhatikan apa kesukaan anak Ibu, contoh Vania anak saya suka Musik
    jadi saya selalu menyetelkan lagu anak-anak pada saat dia makan (cari
lagu yang
    dia sering dengar dan suka,kalo bisa kita ikut menyanyi).
-.Saya kasih dia Majalah,Foto-foto dia dengan kakek,nenek,teman,tante dll
   atau buku - buku yang disenangi misalnya putri salju/Cinderella
   sambil diajak bicara misalnya. Nak, yang mana namanya cinderella, mana
tikus cinderella,
   mana kakek,nenek dst.
-. Kalo dia tetap ngemut saya ajak dia bermain dengan mainan kesayangannya
atau makan
   sambil mengikuti dia main di teras rumah atau ketempat dia suka yang
penting tidak kotor.
   (Prinsip saya yang penting dia mau makan).
-. Saya coba variasi makan misalnya bihun kuah, nasi goreng, bakmi buatan
sendiri
   jangan lupa daging dan sayurnya ikut dicampur.
   (Anak saya suka sekali makanan2 ini tapi tetap harus diganti-ganti)
- Kalo dia makannya masih sedikit dalam waktu 1 jam saya hentikan
   tapi pada saat waktu minum  susu saya beri Pedia sure untuk cover
kekurangan makannya tadi.
  (Saya takut kalo kelamaan, selain anak akan bosan hidupnya hanya diisi
dengan kegiatan
   makan dan tidur saja )
   tapi ini tergantung   masing-masing pendapat orang tua lho.
-. Kalo anak tetap ngemut kita jangan sekali-kali marahin dia, kalo kita
cape sebaiknya minta
   suster untuk menggantinya.

Kalo saya liat Ibu sudah mencoba berbagai macam cara tapi tidak berhasil
juga,Ibu kiranya
bersabar karena anak-anak seumur anak Ibu memang ada masanya males makan
mungkin
karena mau tumbuh gigi.Vania sekarang makannya lebih cepat setelah tumbuh
gigi gerahamnya( Saya tidak tahu apakah secara medis ada hubungannya atau
tidak).

Yang penting lagi kita harus tetap sabar, jangan terlalu khawatir, beri dia
vitamin dan jangan lupa berdoa.

 Salam,

Mama Vania