Ibu Ita,

     Menurut DSOG saya dan pengamatan saya pribadi, reaksi masing-masing orang
     terhadap alat kontrasepsi (jenis apapun) sangat bervariasi.
     Ada yang cocok pakai IUD/spiral, tapi nggak cocok pakai pil (jadi gemuk,
     dll). Ada juga yang cocok pakai pil, tapi nggak cocok pakai IUD (haidnya
     jadi lama, malahan teman saya ada yang haidnya hampir tidak pernah
     berhenti). Menurut informasi teman di Semarang, di daerah Jawa Tengah KB
     susuk cukup populer.

     Saya sendiri pernah pakai pil dan saat ini saya pakai IUD. Kebetulan dengan
     kedua alat tsb saya tidak ada masalah. Hanya saja waktu memakai pil KB saya
     pernah kebobolan (jadi hamil) karena saya suka lupa meminumnya.
     Dengan IUD sendiri saya tidak ada masalah. Efek sampingan yang saya alami
     adalah haid saya jadi agak lama (biasanya 1 minggu menjadi +/- 10 hari),
     terutama waktu mula-mula baru pasang spiral. Sekarang (setelah +/- 3 tahun)
     haid saya sudah kembali normal.
     Menurut pengamatan saya, efek dari IUD (selain reaksi tubuh terhadap IUD
     itu sendiri) juga sangat tergantung dari pemasangannya.
     Teman saya yang lain pernah mengalami perdarahan setelah pasang IUD, tapi
     setelah 'diperbaiki' letaknya oleh DSOG yang lain dia tidak pernah ada
     keluhan lagi. Sewaktu dia ingin punya anak lagipun, dia bisa segera hamil
     setelah IUD-nya dibuka.
     Selain itu, kalau menggunakan IUD, kita harus rajin kontrol sesuai jadwal
     yang diberikan oleh DSOG kita.

     Demikian sharing dari saya. Mudah-mudahan berguna.

     Salam,
     Ibunya Ibra & Aisyah.