From: Stella Martini [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, April 28, 2000 1:09 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Sinusitis

Saya cuma tau bahasa awamnya saja. Sinusitis itu karena lendir pilek (ingus)
yang tidak dikeluarkan sehingga masuk ke rongga pipi (di samping hidung) dan
bisa juga masuk ke rongga dahi (di atas hidung). Karena saya tinggal di kota
hujan yang dingin, banyak yang jadi suka pilek kali ya, saudara dan
temen-temen ada yang kena sinusitis ini. Makanya orang tua saya selalu ribut
kalo anak-anaknya pilek, kudu cepet bae dan ingusnya dikeluarin.

Kalo udah kena sinusitis, menyembuhkannya biasanya lewat operasi, kalau
jaman dulu katanya sakit sekali ngeluarin ingus dari rongga pipi dan dahi
itu. Terus, kalo udah kena sekali, akan mudah kambuh. Kata yang mengidap,
kalo pas lagi udaranya dingin atau pileknya kambuh, pasti rongga pipi dan
rongga dahi jadi sakit. Kepala juga sakit, tersiksa deh.

Jadi, kalau pilek (terutama bayi dan anak-anak), ingusnya harus dikeluarin
dan jangan kelamaan pileknya.
Segitu aja setauku, pasti netters lain banyak yang lebih tau.

salam,

mama john