Mamanya Vanessa,

Waktu DPT I dan ke 3 anak saya pun mengalami bengkak
pada paha bekas suntikkannya ... kira-2 sebesar
kelerang, menurut dsa-nya selama anak tidak rewel dan
bengkaknya tidak terlalu lama, ya ngga' pha-pha ...
tapi kalo terlalu lama, mesti dicek ulang, takut
terjadi abses ... rajin aja dikompres dengan air
hangat, kalau bisa jangan di pijat-2 atau tekan-2 ...

Bengkak itu bisa terjadi karena pada saat obatnya
belum seluruhnya keluar, jarum suntik sudah ditarik
... begitu kata dsa-nya ... kebetulan saya juga
imunisasinya bukan di dsa anak saya ...

Biasanya saya selalu mencatat kaki sebelah mana yang
terakhir kali di suntik imunisasi untuk menghindari
suntikan pada kaki yang sama berulang-ulang ...
Itu saja sharing dari saya.

Ibunya Syafa