Mbak Munarti,

     Memang benar cerita teman mbak. Tanda kelahiran untuk masing-masing anak
     bisa berbeda. Sayapun begitu. 2 kali hamil, tanda-tandanya beda.

     Waktu anak pertama, saya mulai merasakan kontraksi +/- 1 minggu sebelum
     kelahiran, tapi jarak antara setiap kontraksi masih sangat jauh (sehari
     paling 2-3 kali). Sampai sehari setelah tanggal perkiraan belum ada
     tanda-tanda bayinya mau keluar. AKhirnya DSOG-nya minta saya dirawat hari
     itu juga. Keesokan paginya (jam 06.00) saya mulai diinfus untuk merangsang
     kontraksi. Sampai jam 15.00 tidak ada mulas sama sekali. Akhirnya ketuban
     saya dipecah oleh dokter. Nah sesudah ketubannya dipecah itu baru ada
     kontraksi hebat. Selama kontraksi dilakukan KTG oleh bidan (gunanya KTG
     untuk mengetahui pengaruh kontraksi rahim dengan denyut jantung bayi).
     Hasil KTG menunjukkan bahwa jika terjadi kontraksi, denyut jantung janin
     melemah. Setelah dikonsultasikan dengan dokter yang saat itu praktek
     (dokter saya sedang pulang dulu karena diperkiraan kelahiran baru malam
     hari), maka diputuskan bahwa saya harus dioperasi, karena kemungkinan besar
     bayinya tida bisa maju sama sekali karena terlilit tali pusar. Akhirnya
     bayi saya lahir dengan selamat +/- jam 19.00. Ternyata memang si bayi
     terlilit tali pusat beberapa kali sehingga sisa tali pusarnya tidak
     memungkinkan bayi untuk maju, makanya waktu terjadi kontraksi jantungnya
     melemah karena dia jadi terikat oleh tali pusat.

     Anak kedua lain lagi (13,5 bulan setelah kelahiran si sulung).
     Malam sebelum hari lahir waktu (+/- jam 22.00) saya mendapati bahwa sudah
     keluar flek (darah segar). Tapi karena beluma ada mulas jadi saya masih
     tenang-tenang saja. Saya & suami sepakat kalau keluar flek lagi baru kita
     ke RS. Ternyata fleknya baru keluar lagi keesokan paginya (+/- jam 6.30).
     Kami memutuskan untuk berangkat ke RS. Tetapi karena belum juga ada mulas,
     ya siap-siapnya juga santai saja (saya masih sempat mampir ke rumah ortu
     untuk menitipkan si sulung). Sampai di RS juga kami sarapan dulu baru
     check-in. Sekitar tengah hari baru mulasnya mulai muncul, makin lama jarak
     antar kontraksi makin dekat. +/- jam 15.00 dokternya datang (kontraksi
     sudah setiap 5 menit). Lalu DSOG memcahkan ketuban saya untuk memeriksa
     apakah air ketubannya masih bagus (belum berwarna hijau). Kalau masih bagus
     akan ditunggu supaya bisa lahir secara normal. Ternyata air ketubannya
     sudah hijau, maka harus segera dioperasi lagi, sebab takut bayinya
     keracunan air ketuban.

     Itulah pengalaman saya pribadi.

     Ada teman saya, ketubannya pecah sewaktu dia sedang makan siang di kantor.
     Langsung oleh teman makan siangnya dia dibawa ke RS. Sorenya langsung
     melahirkan. Menurut DSOG saya, pecahnya air ketuban berbeda dengan kalau
     buang air kecil, karena kalau air ketuban keluar tidak bisa ditahan, keluar
     begitu saja.

     Demikian sharing dari saya. Mudah-mudahan berguna. Maaf kalau terlalu
     panjang.

     Salam,
     Diary, Ibunya Ibrahim & Aisyah.