Dear netters,
Salam kenal. Saya baru saja bergabung di milis ini.
Saya ingin ikut urun pendapat tentang masalah
kedaluwarsanya obat. Kebetulan latar belakang
pendidikan saya adalah Farmasi, jadi tau sedikit
tentang obat.

Obat dapat rusak karena proses kimia seperti
terurainya senyawa aktif dan karena proses biologi
seperti tumbuhnya jamur atau bakteri atau terurai oleh
enzym perusak. Proses ini umumnya membutuhkan energi
yang berupa panas dan media seperti air, yang berarti
dalam suhu tinggi dan keadaan cair (syrup) proses ini
berjalan lebih cepat. Karena itu obat dalam bentuk
syrup lebih cepat rusak, dan obat akan lebih tahan
lama jika disimpan dalam suhu rendah seperti dalam
kulkas.

Tandanya obat rusak adalah berubahnya bau dan warna.
Misalnya obat aspirin, jika baunya sudah seperti asam
cuka artinya sudah mengalami peruraian, yaitu menjadi
asam salisilat dan asam cuka.

Tentang obat-obat lama, saya pribadi cenderung tidak
menggunakan lagi karena kuatir jika sudah rusak.
Apalagi obat untuk anak-anak biasanya kan berbentuk
syrup yang lebih mudah rusak.

Usahakan menyimpan obat di tempat yang kering dan suhu
rendah. Di tempat yang lembab, obat dapat menyerap uap
air dan menyebabkan lebih cepat rusak.

demikian sedikit pendapat saya.
semoga bermanfaat.

Zullies