Assalamualaikum,

Kemampuan tiap anak memang berbeda2 Mbak. Saya bisa melihat dengan jelas
perbedaan anak pertama dan kedua, yang pertama laki2, umur 6 bln udah
tumbuh gigi, bisa duduk sendiri bahkan diumur 7.5 bln udah bisa berdiri
sendiri sambil berjalan sambil berpegangan dipinggir box atau meja.
Sedangkan anak kedua saya perempuan, umur 8 bulan baru tumbuh gigi dan baru
bisa duduk, tapi perkembangan selanjutnya cepat. Padahal saya pikir saya
tidak pernah membedakan masalah pemberian gizi pada makanannya.

Tapi yang pasti kemampuan intelektualnya tidak jauh beda, diumur 2 th-an
sudah mengenal warna, huruf, beberapa lagu dan do'a2 harian.

Jadi saya mengambil kesimpulan bahwa perkembangan kemampuan fisik tidak
bisa dipaksakan dan yang pasti hal itu tidak mempengaruhi
perkembangan/kemampuan intelektualitasnya. Dan itu yang terpenting.
Demikian sharing dari saya moga2 bermanfaat dan maaf kalo kepanjangan.

Wassalam