Yah kemungkinan itu 50-50 deh. kebetulan saya juga punya pengalaman dengan
cara yang sama.
di Makasar, waktu awal menikah (th 98) kami agak kerepotan karena suami
istri kerja, jadi kami butuh pembantu.
Karena tidak tahu mau cari dimana, kami nanya ke Satpam di perumahan kami,
apa ada orang sekitar yang mau nyuci dan bersih bersih rumah seminggu dua
kali (week end). Dapet. ternyata orangnya sangat pendiam dan tidak
komunikatif.setelah 3 bulan dia minta keluar (tidak mau masuk kerja lagi).

KArena perlu pembantu, istri saya iseng nanya di pinggir jalan (sambil beli
sayur) "ada tidak yang mau kerja di rumah saya??" ternyata ada yang mau.
Ternyata orangnya baik dan bisa dipercaya, sehingga sering kami pergi dan
menitip kunci rumah di pembantu. Kami pakai PRT itu sampe kami akan pindah
ke Jakarta.

Di Jakarta, namanya juga orang baru dan butuh pembantu, kami nanya ke orang
di deket situ, ada yang mau dan ternyata kerjanya bagus dan bisa dipercaya
juga. Waktu istri saya melahirkan, saya ke Denpasar, dia yang jaga rumah. Di
Denpasar, istri saya cari pembantu buat bantu jaga Aris dan bersihkan rumah,
dengan nanya ke pembantu tetangganya. Akan dicarikan di Kampung, katanya.
dapet. pinter masak. tapi sayang buta huruf dan tidak komunikatif (selalu
pake bahawa jawa :p) akhirnya dia minta keluar dan kami ambil Baby sitter
dan pembantu yang sebelumnya . Kami malah tidak pernah cari pembantu dari
yayasan. (kecuali Baby sitter - kan bukan status pembantu. )

salam

--