Selamat siang
Mungkin rekan netters bisa berbagi pengalamannya,

Anak saya berumur 1 th 10 bulan,
Hari kamis yang lalu, sepulang dari sekolah kondisinya biasa-2 saja seperti biasa
sehari hari. Sore harinya badan masih segar hanya sesekali disertai batuk kecil yang
sebatas pengalaman selama ini sepertinya batuk biasa saja. Karena cuaca saat itu panas
sekali, anaka saya dimandiin dan dikramasin dengan air hangat pakai shower. Selesai
mandi juga biasa saja bermain, makan dll. yang kemudia sekitar jam 21.30 dia tidur.

Tengah malam sekitar jam 01.00 badannya panas tinggi sekali hampir 40'C, dan langsung
kami beri kompress dan diminumin obat penurun panas. 2-3 jam berikutnya panas turun
dan tidur lagi sampai pagi, Pada pagi harinya pun sehat seperti biasa, bahkan masih
sempat mau di sekolahin saja hari itu, hanya karena kuatir mamanya saja yang libur
dirumah. Pagi dan siang makan seperti biasa, hanya menjelang siang batuknya sedidik
lebih sering dari pada kemarin dan sedikit berdahak. Jam 4 sore hari, panas badannya
mulai naik lagi dan saat itu saya bawa ke DSA, sesampai di DSA panasnya sekitar
38,5`C. Yang kemudian diberi obat antibiotik, penurun panas dan obat batuk, untuk tiga
hari, yang langsung minum disitu. Pulang dari DSA, dalam perjalanan pulang panas sudah
normal kembali, bahkan sempat kami berhenti di taman karena dia minta makan untuk
makan.

Sesampai dirumah juga masih biasa-2 saja, hanya tengah malam batuknya makin sering dan
kelihatan sekali sepertinya berlendir di tenggorokan ( suaranya), dan selalu kesakitan
setiap habis batuk. Nggak lama setelah itu anak saya menggigil seperti kedinginan,
setelah diukur suhu tubuhnya 40,1`C, tapi anehnya yang panas sebatas dada ke atas
sampai kepala, sedang kaki dan tangan juga dingin.Kami jadi panik lantas saya beri
kompress, dan penurun panas melalui anus, karena disamping panas napasnya sesak. Nggak
lama setelah itu panas badan bisa turun kembali, dan dia bisa tertidur lagi, hanya
saja napasnya terasa sekali sesak dan bersuara grok-grok( bukan ngik-2 seperti asma ),
sepertinya berat sekali untuk bernapas.

Keesokan paginya (sabtu) saya bawa lagi ke DSA. Kondisi anak sich seperti sehat masih
bisa lari-2an kesana kemari( paginya), cuman napasnya terasa berat sekali.
Tapi sekitar jam 11 siang panasnya naik lagi, dan napasnya makin sesak sehingga kalau
disertai nangis dia bisa glagepan seperti orang yang kecebur di air.
Karena kondisi seperti itu, langsung di bawa ke emergency, dan sampai sekarang masih
dirawat di RS. Suhu tubuh saat itu berkisar anatara 39- 40`C, tensi darahnya sangat
tinggi sekali sampai 190, sedangkan kadar oksigen di tubuhnya 80-90%, Sehari pertama
sampai hari minggu kemarin selain di infus, pernapasannya di bantu dengan oksigen
tambahan. Tapi alhamdulillah, kemarin sore sudah mulai membaik, dan bantuan oksigen
juga sudah dilepas, hanya infusnya belum karena nggak ada napsu makan, di samping
tenggorokannya masih merah sekali. Menurut dokternya dan dari hasil rontgen katanya
terjadi penyempitan saluran pernapasan. Bukan  Bronkhitis.

Mungkin rekan-2 netters pernah ada yang punya pengalaman seperti ini ??
Kenapa ya...? Kemungkinan kejadian lagi..?

Dan yang belum semoga jangan dech, bisa panik sendiri karena kejadiannya sangat
mendadak dan bisa fatal bila penganannya nggak buru-2. Selain itu juga kasihan anak
kecil di infus, pakai masker, badannya ditempel kabel-2 yang nggak karuan, makanya
kemarin sehari-semalem nangis terus, baru berhenti kalau kecapekkan dan tertidur
sendiri. Selain itu kita ortunya juga capek banget, sudah dua hari saya nggak tidur,
gantian sama istri berdua nungguin di RS. Tapi masih sempet nulis e-mail juga sich....
Tapi alhamdulillah, sekarang sudah bisa lari-2 lagi miskipun masih sambil nenteng-2
infus. Habis anaknya nggak betahan kalau suruh tiduran terus di bed, maunya main bola
segala. Insya Alloh hari rabu nanti sudah bisa keluar dari RS.

Salam,
Papanya Arsy
Agus Pitoyo