Ummi Jauhar dan Nazhif,
Dafi juga dulu pernah tes Mantoux, hanya sekedar
mengecek dan hasilnya negatif. Hasil bisa dibilang
positif kalau pembengkakan setelah disuntix >15 mm,
atau antara 6-10 mm jika ada anggota keluarga yang
dicurigai mengidap TBC. Namun tes mantoux saja tidak
cukup, harus didukung dengan pemeriksaan darah di
laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya kuman TBC
dalam darah anak. Jika hasil tes darah juga positif
baru dilakukan pengobatan minimal 6 bulan sampai 1
tahun (diantara pengobatan tersebut akan dilakukan
pemeriksaan ulang untuk mengetahui perkembangan kuman
TBC nya), dan apabila hasilnya negatif bisa saja
diberi obat pencegah (biasanya Pyravit) selama 1-3
bulan. Untuk itu pastikan dulu semua tes yang
diperlukan (Rontgen, mantoux dan tes darah) sudah
dilakukan agar hasilnya meyakinkan. Jika memang
ternyata positif, hal yang terpenting dalam pengobatan
TBC paru pada anak adalah ketekunan orang tua dalam
memberi obat, jangan pernah lupa untuk memberi obat
sesuai anjuran, jika tidak pengobatan yang sudah
dilakukan akan sia-sia dan kumannya bisa kebal dengan
pengobatan tersebut sehingga harus diulang dengan obat
yang lebih keras.
Demikian dari saya

Mamanya Dafi