Mbak Watini,
Beberapa persiapan sebelum renang adalah :
1. Berapa usia anak, makin kecil harus makin sebentar
bermain di air untuk 1 kesempatan dan dianjurkan mulai
ke kolam renang setelah usia 6 bulan. Untuk itu perlu
dijadwal misalnya setelah 5 menit naik dahulu untuk
makan/minum baru dilanjutkan lagi.
2. Pilih ban renang yang sesuai dengan usia anak,
untuk di bawah 3 tahun yang berbentuk ban paling baik
karena sekaligus dijaga orang tua, sedang bentuk baju
atau yang diikat ke tangan bisa menyebabkan anak
terbenam karena belum bisa mengangkat badan dan kepala
dalam air (dulu ada anak rekans netter yang
mengalaminya).
3. Kalau masih bisa memilih, carilah kolam dengan air
hangat dan sangat dangkal.
4. Sebelum masuk kolam ajak pemanasan dahulu dengan
menggerakkan kaki, tangan kepala (beri contoh).
5. Bawa makanan berat (nasi dan lauk, mie) atau snack
bergizi (bubur kacang hijau, kroket), usahakan dalam
keadaan hangat, juga minuman. Kalau ingin buah,
usahakan yang tidak dingin dan banyak airnya.
6. Bawa pakaian lengkap minimal 2 pasang dan pakaian
hangat juga kaos kaki.
7. Bawa juga obat-obatan yang khusus (misalnya untuk
anak yang asma, atau alergi dan dalam hal terjadi
luka)terutama di di kolam renang tidak menyediakannya.
8. Ketahui dengan pasti dimana lokasi safe guard dan
nomor penting utuk P3K.
Nah selamat berenang untuk Tio.
9. Prinsipnya dalam sakit apa pun anak sebaiknya tidak
berenang karena kondisi tubuhnya sedang lemah,
meskipun cuma bisulan tapi kan mengganggu teman lain
kan, apalagi kalau batuk-pilek.

mamanya Dafi