Bu Sonya,
Flek paru-paru bisa dicurigai sebagai TBC paru pada
anak, untuk memeperkuat dugaan harus dilakukan
pemeriksaan darah, urine, pup dan mantoux test, kalau
hasilnya positif maka berarti anak terkena TBC paru,
namun jika negatif bisa saja dokter memberi obat
pencegahan. Ciri-ciri anak terkena TBC paru persis
seperti yang ibu ceritakan kecuali nafsu makan pada
anak TBC paru rendah (susah makan). Jika hasil semua
tes di atas negatif ada kemungkinan anak teman ibu
tersebut alergi udara atau punya gelaja
asma/bronchitis yang tidak menular.
Tidak usah khawatir bu, TBC pada anak tidak menular,
tetapi anak bisa tertular TBC dari orang dewasa yang
terkena. Hal ini disebabkan kuman TBC pada anak hanya
terdapat di paru-paru dan aliran darah sedangkan pada
orang dewaca kumannya juga terdapat pada ludah
sehingga mudah menular melalui udara. Untuk pencegahan
sebaiknya justru ibu harus tahu kira-kira apa penyebab
anak tetangga itu terkena jika memang positif
hasilnya, jika ibu tahu siapa yang menularkan akan
lebih mudah menghindarkan anak ibu dari kemungkinan
terkena.
Demikian dari saya

Mamanya Dafi