Rekans Netter,
Sudah lama mail mbak Erny ini ada di mailbox saya.
Kebetulan saya tidak mengenal suster yang dimaksud,
tetapi saya jadi berpikir, mungkinkah di masa datang
(kalau bisa tidak terlalu lama dari sekarang), kita
menerapkan sistem surat rekomendasi dalam menerima
pembantu rumah tangga, baby sitter, tukang kebun,
supir dll seperti yang terjadi di barat.
Minimal kita bisa mulai dengan meminta surat tersebut
kepada agen penyalur saat mereka akan mengirimkan
tenaga kerjanya ke kita. Dengan adanya surat
rekomendasi dari majikan yang lama (tentunya kita
harus cross check dahulu) kita akan lebih yakin dengan
mutu mereka dan mengurangi kemungkinan tenaga kerja
tersebut punya track record yang buruk (mencuri, pergi
tanpa pesan, menyebabkan anak celaka dll)dari pihak
tenaga kerja sendiri akan menjadi lebih bertanggung
jawab untuk 'give the best of me' karena mereka tahu
tanpa surat rekomendasi akan lebih sulit mencari
pekerjaan berikutnya.
Saya tidak berharap suster anak saya berhenti dari
pekerjaan sekarang, tetapi saya punya niat untuk
memberikan surat tersebut sebagai bekal dia kelak
bekerja di tempatnya yang baru.

Mamanya Dafi