dear netters,

saya juga setuju sekali dengan pendapat mamanya Dafi dan Mbak Stella. Karena
dengan surat rekomendasi tsb, pihak kita (ibu-ibu yang membutuhkan jasa BS)
menjadi minimal resikonya, baik dari sisi kerugian sejumlah uang (biaya
admin.) dan yang jauh lebih penting menyangkut keselamatan anak/balita kita
sendiri.

ayo dong ibu-ibu kita bangun sebuah jaringan yang kompak agar bisa "memaksa"
yayasan (terutama yayasan yang mata duitan, cuma mau uang admin-nya saja
setelah itu nggak bertanggung-jawab), agar mulai menerapkan surat
rekomendasi tsb. tapi saya masih melihat adanya celah kelemahan bahwa
someday, surat rekomendasi tsb juga akan bisa dipalsukan oleh baik si BS
atau pihak yayasan sendiri. kalo cuma diberi alamat dan no. telp. majikan
lama, bisa saja mereka menulis alamat dan no. telp. "orang dalam" mereka
sendiri, seperti kenalan atau saudara yang sudah diberi kode sebelumnya :)
jadi baiknya bagaimana ya ? mungkin harusnya ada YLKI khusus yang menangani
masalah BS ini...

terus pengalaman saya, sekarang (bahkan mungkin dari dulu), aksi yayasan
menaikkan biaya admin. untuk pengambilan BS (terutama untuk baby new born)
semakin menjadi-jadi. memang sih ini jaman kris-mon, semuanya perlu duit...
tapi kalo semua expensive price tsb tidak ditunjang dengan kualitas dan
service yang bagus dari pihak yayasan ya rugi kita. banyak diantara
teman-teman saya yang mengeluh bahwa setelah mengambil BS dari sebuah
yayasan, setelah ketahuan mereka nggak cocok (karena satu lain sebab), kalo
mau minta penggantian BS amat sangat susah sekali dengan berbagai alasan
mereka harus waiting list lama.

weleh...weleh... jadi kepanjangan ya... udah dulu dech, gitu aja komentar
saya :)

salam calon mami baru,
erny