Dear rekan netter,
Sebenernya sih ini resep dari teman yang belum aku praktekkan sendiri,
karena belum ada waktu. Jadi, mudah-mudahan enak dan mudah dicoba.
Bahannya kacang kalengan, namanya back bean (ato black bean, ato baked
bean ?) di Jakarta ada yang merk ayam, katanya lebih enak, ato pake
kacang yang lain mungkin boleh juga, asal dimatengin dulu.

Trus, daging ayam atau sapi diblender dikasih sagu sedikit, trus
dipulung (dicetak bulat) jadi bentuk bola/baso. Lalu kentang dipotong
kubus besarnya sesuai selera, lalu digoreng asal aja yang penting
pinggirnya udah kecoklatan.

Cara masaknya gini, minyak goreng dikit dipanasin diwajan, masukin
bawang bombai yang udah dipotong sesuai selera, bisa bulat-bulat, kotak
ato panjang-panjang, sampe bombainya lemes aja, enggak usah terlalu
mateng. Trus masukin kacangnya, tunggu mendidih, masukin bola dagingnya,
tunggu empuk, lalu masukin kentangnya, aduk sampe mateng, matikan
apinya. Kalo pake kacang bukan kalengan, mungkin perlu dikasih air
dikit, biar enggak kekeringan, kalo kalengan kan udah ada kuahnya.

Sementara masukin bahan-bahan tadi, kalo bisa sambil bikin telur mata
sapi yang dimasak diapi kecil aja, jangan dibalik, sampe pinggirnya pada
garing. Nah kalo udah mateng telurnya, langsung dimasukin ke atas
masakan tadi, trus tutup, biar uap panasnya matengin telur bagian atas.
Kalo perlu pake api kecil. katanya sih, telurnya itu yang bikin enak.
Mmmmh... jadi laper nih..

Oya, bumbu-bumbunya aku enggak dikasih tau tuch, mungkin sesuai selera
kali ya ? Kalo aku paling tak pakein garam dan lada dikit.  Juga
ukurannya, dikira-kira sendiri aja deh... Kalo udah jadi, hasilnya
masakan tadi ada kuahnya sedikit (mecek-mecek) makannya pake nasi putih
panas udah cukup kok.  Selamat mencoba ya.... mudah-mudahan penjelasanku
enggak ngebingungin...