Sorry, telat ya ikutan diskusi Vit C?
Ini saya punya sedikit keterangan dari Vitamin Bible saya.

Untuk dosis orang dewasa 60 mg
Untuk ibu hamil dan menyusui 70-95 mg
(wah, ndak ada yang untuk balita nih!)
Untuk perokok, krn cigarette destroys 25-100 mg, maka butuh lebih banyak
vit. C

Ini nemu untuk infant < 12 mo 35 mg (100% USDA)
Untuk 1-4 tahun 40 mg

> Berapa mg ya maximum vitamin C yg boleh dikonsumsi balita setiap hari ?
> Apakah efek samping-nya jika konsumsi terlalu banyak ?

Efek sampingnya :
Menyebabkan terbentuknya formasi batu asam oksalat dan asam urat(meskipun
dengen mengkonsumsi Mg, B6, dan cukup banyak air dapat mengurangi kejadian
ini).
Dosis > 10 gram dp menimbulkan efek diare, excess urination, skin rashes.
If this happened, just cut back the dosage.
Vit C shouldn't be used by cancer patiens undergoing radiation or
chemotherapy.

> Katanya jika mengkonsumsi banyak vitamin C bisa membantu/meningkatkan
> daya tahan tubuh terhadap infeksi ya ?

Vit C plays a primary role in the formation of collagen, which is
important for THE GROWTH and REPAIR of body tissue cells, gums, blood
vessels, bones, and teeth.
Also it helps body's absorption of iron (zat besi)

Fungsi lain :
-membantu penyembuhan luka, luka terbakar, dan gusi berdarah
-meningkatkan efektivitas obat yang digunakan unutk mengobati urinary
tract infection
-accelerate healing after surgery
-helps in decreasing blood cholesterol
-aid in preventing many types of viral and bacterial infections and
generally POTENTIATE THE IMMUNE SYSTEM!!
-offer protection against cancer-producing agents
-helps counteract the formation of nitrosamines (cancer causing
subsctances)
-act as a natural laxative
-lower incindence of blood clots in vein
-aid treatment and prevention of the common cold
-extend life by enabling protein cells to hold together
-increase the absorption of inorganic iron
-reduce effects of many allergy-producing substances
-prevent scurvy

Kekurangan : scurvy

Sumber : jeruk-jerukan, berries, sayuran hijau, tomat, kembang ko.
kentang, dan peppers (paprika, cabe merah)

Other info :
Because vit c is excreted in 2-3 hrs, depending on quantity of food in
stomach, and it is important to maintain a constant high level of vit C in
blood streatm all times, so it is recommended a time-realese tablet for
optimal effectiveness.

If you take over 750mg daily, also take magnesium supplement --> it's an
effective deterrent against kidney stones.

Gitu deh kira-2 contekannya, tapi maaf lho ya, ga' semuanya diterjemahin,
abis, dr pd salah-salah... ntar jadi malah kacau deh!

Secara umum, menurut saya memang buat balita vit C lebih baik dari
sayur/buah, krn vit C yang kimia (obat) membawa efek yang kurang baik
dibanding yang segar.

yuk ya!
rgds,
Quinike