Mbak Kartika,
buku yang laminated spt. itu, banyak di Gramedia - Jkt. Saya kurang tahu
bagaimana di Gramedia B'papan atau S'rinda. Biasanya sih, impor dari LN.
Pengamatan saya, paling murah buku yg. dari India - sekitar 5000 perakan
satu bukunya. Ada juga saya pernah lihat di Pasaraya - Jkt., impor juga.

Waktu anak saya umur 9 bulan-an, saya kasih buku cerita yang kecil,
ringan, gambarnya besar - meskipun tidak laminated. Pertimbangan saya ;
buku ini belum begitu berfungsi utk. dibaca / dimengerti, hanya utk.
perkenalan saja. Jadi dia gampang membolak-balik, meremas, pokoknya utk.
dimainkan - meskipun tetap saya bacakan (he-he... kayak monolog waktu
itu...). Saya pikir, utk. pertama kali yang penting dia menganggap buku
itu menyenangkan dan menarik, begitu.
Sesudah makin gede dan bahasa reseptifnya semakin baik, baru saya
belikan buku yang memang utk. dibaca berulang-ulang, spt. memperkenalkan
bentuk-bentuk binatang, buah2an, benda-benda, dll. Juga mulai dgn. buku
yg. ada ceritanya. Saya pake yg. laminated meskipun berbahasa Inggris ;
kita kan bisa menterjemahkannya sendiri...
Memang ada baiknya pake yg. laminated, karena tidak gampang sobek dan
tidak basah. Kalo basah juga bisa dilap kering tanpa merusak bukunya.
Tapi ada juga baiknya beli beberapa yg. dari kertas biasa ; utk.
memperkenalkan konsep "sobek" pada anak. Jadi dia juga tau, bahwa
bukunya jadi rusak kalau disobek...:-)
Begitu saja sharing dari saya...
Dibawah ini saya dapat dari www.keluarga,org.
Semoga berguna utk kita semua.

---------------

Sumber : keluarga.Org

BUKU UNTUK ANAK

Buku adalah benda penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap keluarga.
Dari buku, pengetahuan dan imajinasi didapat. Tetapi sayangnya di
Indonesia, membaca buku belum menjadi suatu kebiasaan yang rutin bagi
anak-anak kita. Daripada membeli buku, orang tua lebih memilih mainan
untuk anaknya. Walaupun sekarang kebiasaan membaca mulai banyak
terlihat, terutama di kota-kota besar tetapi tetap saja dalam presentase
kita masih kalah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang
yang masyarakatnya gila `baca`. Selain itu harga buku yang tidak murah
membuat membaca buku kurang membudaya di masyarakat kita. Mestinya kita
boleh mencontoh India. Disana, buku dicetak banyak-banyak dalam kertas
yang kualitasnya jelek. Tetapi pemerintah mereka tidak peduli yang
penting masyarakatnya `melek buku` dahulu. Negara-negara maju bahkan
memiliki sebuah toko buku standart. Artinya toko buku itu memiliki
hampir semua koleksi buku. Sehingga jika orang ingin mencari suatu buku
`A` misalnya, cukup disebutkan di toko buku `anu`. Kalau di Indonesia,
walaupun dirujuk ke toko buku terbesar pun belum tentu buku yang dicari
ketemu.

 Membiasakan membacakan buku cerita ke anak sejak kecil amat menolong
perkembangan mental mereka. Dengan membacakan cerita kepada anak sejak
ia kecil , maka ikatan emosi antara orang tua dengan anaknya akan
bertambah kuat. Selain itu membacakan cerita akan membantu mengembangkan
kemampuan mereka berobservasi dan kemampuan mendengarkan. Selain
meningkatkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi. Buku dapat juga
mengstimulasi imajinasi dan meningkatkan perkembangan emosi sewaktu anak
mulai mengerti untuk menghargai perasaan orang lain. Jika anak
dibiasakan diperkenalkan dengan buku sejak balita maka ia akan terus
menikmatinya sampai dewasa. Melihat buku sejak kecil dapat mengajari
mereka memiliki kemampuan pre-reading seperti kesadaran akan detail yang
termaktub dalam kalimat dan melatih gerakan mata dari kiri ke kanan.

 Membacakan buku sebelum tidur juga amat baik. Perhatian yang diberikan
orang tua, kedekatan fisik, kehangatan, semuanya merupakan kontribusi
bagi anak dalam menikmati buku. Jika membacakan cerita untuk anak
sebaiknya baca dengan irama yang pelan dan artikulasi yang jelas dan
coba untuk merubah ekspresi setiap kali membacakan bagian cerita agar
menarik minat anak.

 Lalu bagaimana memilih buku yang baik untuk anak? Anak dapat
diperkenalkan dengan bermacam-macam jenis buku sebanyak mungkin. Tentu
saja dengan gambar dan cerita yang mendidik. Mereka dapat diperkenalkan
dengan jenis-jenis buku seperti buku cerita bergambar, buku-buku dengan
bentuk yang berbeda dan lainnya. Kalau di negara-negara maju buku-buku
untuk anak-anak amat beragam jenisnya. Mulai dari buku untuk anak kurang
dari satu tahun sampai remaja. Uniknya untuk anak bayi bukunya ada yang
dibuat dari kayu sehingga kalau digigit tidak akan rusak. Disana, buku
anak-anak dibuat sesuai dengan perkembangan usianya. Semakin besar usia
anak huruf dan gambarnya semakin berkurang. Untuk anak balita, buku-buku
tersebut diisi dengan banyak gambar yang lucu-lucu tetapi simpel.
Ilustrasi dalam buku dibuat semenarik mungkin tetapi tidak rumit.
Misalnya buku tentang hewan sapi. Buku dibuat menyerupai tubuh sapi.

 Jika anda kebetulan termasuk orang tua yang berkantong pas-pasan apa
bagaimana caranya? Tentu ada jalan. Misalnya menjadi anggota
perpustakaan atau pergi ke toko buku bekas. Atau pergi ke toko buku
semacam toko buku Balai Pustaka Jakarta. Di sana banyak terdapat buku
cerita yang ceritanya sangat bernilai sastra dan harganya masih
terjangkau. Atau seperti yang ada di Pasar Senen Jakarta. Jika tekun,
orang tua dapat menemukan buku yang sesuai untuk anaknya. Cara lainnya,
anda bersama teman-teman anda di lingkungan rumah dapat membikin
perpustakaan sederhana. Tempatnya bisa di garasi atau di kamar kosong di
salah satu rumah. Anda bersama orang tua lainnya mengumpulkan buku-buku
bekas yang tak terpakai dan membuat perpustakaan kecil. Sehingga bukan
anak anda saja yang dapat menikmatinya tetapi juga anak tetangga bahkan
anak dari keluarga tak mampu.

 Kalau anda termasuk orang tua yang mampu membelikan anak-anak anda buku
bacaan ajar anak anda untuk merawat buku-bukunya. Jika rumah anda
kebetulan luas dapat dibangun sebuah perpustakaan kecil di sudut
ruangan. Tetapi ingat , jika sedang membacakan buku untuk anak anda
jangan di depan televisi karena acara televisi hanya akan mengalihkan
perhatiannya dari buku.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^