"Pauline M. Leander" wrote:

> Tapi kemudian saya mulai worried karena kok kayanya dia kelihatan 'terlalu
> sekel'. Ternyata saran DSA nya dia memang over weight 3 kg untuk usianya (
> berat lahir 3.1kg), tapi hal tsb bukan masalah, dan sebaiknya memang susu
> yang diminum jangan terlalu banyak Procal karena justru kadar lemak dan
> karbohidratnya lebih tinggi daripada Pediasure (komposisinya justru harus
> diperbanyak Pediasure)., untuk saat ini jumlah yg diminum masih termasuk
> normal 600-800 ml / hari. Sebetulnya saya jadi agak ragu juga mendengar
> penjelasan DSA-nya.

Dear Bundanya Veda,

anak saya Ella juga minum Promil sebelum 1 tahun. Saya lihat memang cocok dengan
Ella. Sesudah itu saya pakai Procal. Memang badannya sekel sekali. Gendut sih
tidak, cuma sekel. Dan berat badannya juga di usia 19 bulan sekarang 14.5 kilo
(ditimbang berdiri komplit dgn. sepatu dan pampers...he-he... abis nggak pernah
disuruh buka semuanya, sih). Tingginya 83.5cm. Selera makan baik. Kalo dicek di
grafik, memang sudah lebih dari 97% sejak kira2 15 bulan.

Sesudah itu saya coba ganti dengan Enfagrow dan ChilKid. Ternyata saya lihat2,
memang procal, takaran susu per pemberiannya lebih banyak dari enfagrow atau
chilkid. Coba saja ibu perhatikan, utk. 1 gelas +/- 180 ml air, procal
dianjurkan dengan 5 scoop susu - kalo tidak salah ingat. Padahal scoop susunya
lebih gede dari scoop enfagrow, hampir 2x-nya. Jadi kekentalannya beda. Dengan
demikian kalori per volume tertentu susu yg. kita berikan tentu lebih banyak
Procal. (Sebab itu dalam memilih susu, saya rasa kita lebih perlu membandingkan
kalori dan gizi per liter susu, daripada per 100gr. nya Produsen kadang2
menuliskan hanya per 100gr, padahal berat susu yg. kita gunakan tidak selalu
sama merek per merek utk. volume yg. sama...) Karena anak saya sudah 'sekel
sekali', saya ganti saja susunya dengan Enfagrow, dan saya batasi hingga 500-an
cc saja sehari. Sejauh ini sih, dia mau-mau saja, malah makannya lebih cepat
habis, karena jatah susunya saya kurangi dari sekitar 720cc). Setahu saya, max.
susu per hari utk. anak 1 tahun-an adalah 720cc ? Rentangnya antara 3x
(180-240cc) ?

Saya kurang tahu ttg. pediasure, bukannya P'sure ini makanan cair ? Jadi kalo
anak nggak doyan makan, tambahan gizinya ya dari P'sure itu, karena lebih padat
kalori...? Jadi kalo anak sudah sekel, nggak perlu pake, mungkin...? Apalagi
kalo makannya baik-baik saja.

Begitu aja sharing dari saya.
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.