dear Mamanya Gracy
Memang agak berbeda ya perlakuan demam untuk kita yang sudah dewasa dengan
batita.
Untuk batita, pada saat suhu tubuhnya panas / demam, kita harus sedapat
mungkin membuat suhu lingkungan sekitar & suhu tubuhnya normal seperti suhu
badan. Jadi berpakaiannya pun se-tipis mungkin (mis:lengan pendek dan celana
pendek, bahkan untuk bayi kadang-kadang jangan dipakaikan baju tapi harus
dalam ruang tertutup supaya tidak masuk angin), dan jangan diselimuti.
Dan yang paling penting adalah periksa kakinya tidak boleh dingin !! Jadi
harus terus dihangatkan dengan baluran hangat dan dipakaikan kaos kaki,
karena bila suhu kepala dan kaki terlalu jauh perbedaannya, ini yang
menyebabkan step.
Dikompres pun tidak boleh dengan air es (seperti kita yg dewasa), harus
dengan air bersuhu biasa.
Kalau panasnya tinggi sekali, kompres sebaiknya dilakukan selain di kepala
(ubun-ubun), juga di : kedua ketiak dan lipatan paha / selangkang, karena di
situ merupakan jaringan yang lunak. Ada saran beberapa teman, untuk
mempertahankan agar kain kompres kita tetap dingin bisa dilakukan
pengompresan dicampur antara air dan alkohol. Ada saran lain ?

regards,
Bundanya Veda