Dear netters,

        Semenjak masuk kerja 2 bln yg lalu, saya menggunakan breast pump
setiap hari kerja utk memompa ASI. Pada awalnya, saya bisa mendapatkan 400cc
lebih setiap hari (satu botol besar 250cc jam 11 dan satu botol kecil full
150cc lebih sebelum jam 4 sore). Boleh dikatakan ini sangat mencukupi
kebutuhan anak saya selama saya di kantor. Artinya susu tambahan (Nutrilon)
hanya diberikan pada hari Senin, krn hari Minggu, ASI saya disedot abis sama
si adek. Selain itu, sepulang kerja bayi saya minum ASI langsung dari
kemasannya.. Tapi mulai minggu lalu, berkurang drastis sekali. Jam 11 cuma
dapat 120-150 cc dan sorenya cuma 50-100cc, sampai2 saya jadi stress,
padahal saya sendiri menyadari kalau hal ini semakin memberikan efek buruk
bagi produksi ASI saya.

        Saya coba review kembali asupan gizi saya, tapi rasanya nggak ada yg
salah. Minum min. 10 gelas/hari, sayur2an terutama daun katuk nggak pernah
ketinggalan, buah, susu min. 2x sehari, malah saya sudah mencoba anjuran
salah seorang rekan netter utk minum sprite. Stl saya perhatikan, ternyata
sepulang dari kantor, anak saya sptnya nggak kekurangan ASI, saya coba
pencet, ternyata ASInya banyak hanya saja saat dipompa ASI tdk mau keluar.
Apa benar ada efek buruk pompa thd produksi ASI ?? Setahu saya, semakin
dipompa, ASI akan semakin lancar produksinya. Saya bingung sekali, niatnya
sih si adek bisa ASI terus sampai 2 thn spt kakaknya, koq belum 5 bulan, ASI
saya sudah sedikit sekali ya... Sewaktu anak pertama saya seumur 5 bulan,
ASI saya deras sekali, belum 2 jam dikosongkan rasanya udah penuh lagi.

Mohon saran rekans sekalian, sekarang saya coba pompa pakai tangan, tapi..
capeknya minta ampun, sampe tangan dan leher saya pegel sekali. FYI,
sekarang saya pakai pompa merk Pigeon.

Terima kasih sebelumnya atas tanggapan rekan semua.

Rgds - IRA