"Padmorini, Niken AIS" wrote:

> Dear netters,
> anak saya Alya (7 Bulan) sudah 6 hari diare kadang sampai 5-6 kali
> perhari. Saya perhatikan BABnya (maaf) berlendir dan berbusa..
> makan mau, tapi tidak lama kemudian dia muntahkan kembali. Tanggal 13
> nov kemaren sudah saya bawa ke DSA, beliau beri obat puyer untuk penurun
> panas (Badan anak saya juga selalu hangat) dan sirup. Saya tidak tahu
> nama obat sirup tersebut. Dan sejak saat itu (hari Senin) sampai
> sekarang diare+muntahnya tidak juga berkurang.

Mbak Niken,
sepertinya dari gejalanya itu disentri. Biasanya diare-nya berlendir
atau ada darahnya. Juga demam dan muntah. Kalo tidak salah ingat
penyebabnya sejenis amoeba (Entamoeba disentriae ?). Penyakit ini
menular melalui kotoran penderita. Jadi setiap kali dia pup, orang yg.
membersihkan pup nya juga harus cuci tangan sabunan bersih2, jika tidak
nanti kapan2 pegang Alya, kena mulut atau makanannya, masuk lagi ke
pencernaan Alya.

Yang terpenting adalah mencegah anak dehidrasi, spt. saran rekan2
lainnya. Tetap masukkan cairan, kalo bisa beri Pedialyte (oralit buat
anak - dijual bebas), ganti susu menjadi low lactose atau soya. Utk.
menangani diare lebih penting masukan cairan daripada makanan (utk.
sementara yaa..). Kalo tidak salah ingat, anjuran pemasukan cairan
selama diare adalah 200ml / kg berat badan per hari.

Tumbuh gigi tidak pernah secara langsung mengakibatkan diare, badan
panas, dllnya. Kalaupun ada reaksi tubuh, hanya merupakan reaksi tidak
langsung karena stress yg. diderita anak (akibat sakit di gusinya).
Tidak berhari2 (paling juga 1-2 hari anget dan rewel, terus selesai).
Alasan mau pinter, saya anggap hanya utk. menghibur saja...he-he...
Biasanya orang2 tua suka bilang begitu... Saya sih tidak percaya, masa'
anak mau pinter harus menderita macem-macem dulu sih...:-)

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^