From: Rien [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, November 16, 2000 9:36 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Steril alat makan was : diare berbusa + muntah

Endra Wimajanti wrote:

> Bu, mudah-mudahan Alya hanya diare biasa ya, pengalaman saya dulu itu
> membuat saya overreacted terhadap masalah kebersihan. Kami sampai
> bingung
> kenapa hal itu bisa terjadi,

Mbak Endra,
kadang2 kita bisa jaga peralatan makan dan makanan anak, tapi yg. paling
susah rasanya kalo ada lalat satuuu... saja yg. lagi berkunjung, dan
apesnya baru saja menclok di tempat penularan penyakit tsb. Dan apesnya
lagi kalo dia menclok ke makanan pas kita nggak tahu...:-(

Saya juga jadi pengen tanya ; sampai umur berapa peralatan makan / minum
anak harus disteril ? Nggak tau apa ini over-reacted atau memang masih
harus begitu, sampai sekarang (Ella - 20 bln) peralatan makan (sendok,
mangkuk, cangkir dll), masih saya rebus. Cuma kadang2 saya pikir, siapa
tahu nggak bagus juga lingkungan terlalu steril, anak jadi nggak diberi
kesempatan mengembangkan kekebalan alaminya ? Atau dibilas air panas
saja sudah cukup ? Atau malah nggak perlu, sudah bisa sama saja
perlakuannya kayak peralatan makan / minum kita ?
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^