> Saya juga jadi pengen tanya ; sampai umur berapa peralatan makan / minum
> anak harus disteril ? Nggak tau apa ini over-reacted atau memang masih
> harus begitu, sampai sekarang (Ella - 20 bln) peralatan makan (sendok,
> mangkuk, cangkir dll), masih saya rebus. Cuma kadang2 saya pikir, siapa
> tahu nggak bagus juga lingkungan terlalu steril, anak jadi nggak diberi
> kesempatan mengembangkan kekebalan alaminya ? Atau dibilas air panas
> saja sudah cukup ? Atau malah nggak perlu, sudah bisa sama saja
> perlakuannya kayak peralatan makan / minum kita ?

Mbak Rien,

Kalau pengalaman saya anak pertama dan kedua, merebus alat makan dan minum
termasuk dot hanya saya lakukan empat bulan pertama, apalagi anak kedua ini,
ingat saya hanya beberapa kali waktu awal minum susu (pake dot) sekembali
dari Rumah sakit. Sekarang ini hanya disiram dengan air panas setelah
dicuci/disikat. Anak saya yang kedua ini belum perna bermasalah karena hal
ini. Kemarin diare karena tumbuh gigi. Yang penting waktu nyucinya memang
cuci bersih, kemudian waktu disiram/direndam dengan air panas, wadah tempat
rendamnya ditutup dengan lap bersih dhe.

Sekian dari saya.

Rieneke