Dear mb. Silvy,
Untuk masalah makan, kami membiasakan untuk makan sambil duduk, makanya saya
membelikan kursi makan untuk balita. Disamping mengajarkan kedisiplinan
makan di meja juga mengajarkan anak kita untuk dapat makan sendiri. Sekarang
anak kami usianya 13 bulan dan sudah tahu bagaimana makan dengan sendok
meskipun kadang-kadang tidak masuk, tapi pada intinya dia tahu bagaimana
cara menyendoknya. Demikian juga ketika jalan-jalan ke restoran atau mal,
biasanya saya selalu minta kursi tambahan khusus untuk balita sehingga kita
tidak perlu repot harus menggendongnya, sekarang sudah banyak restoran atau
fast food yang menyediakan kursi balita tersebut.
Nah, diluar acara makan rutin, biasanya kami juga memberikan cemilan-cemilan
sebagai makanan sampingan buat si kecil, bisa macam-macam seperti perkedel
jagung, makaroni skutel, roti, pisang goreng, nuggets dll. Untuk yang ini
biasanya sambil jalan-jalan atau main di luar. Dan kami minta kepada
pengasuh untuk selalu membawa lebih agar jika teman-temannya kabita/pingin
bisa diberikan, ini untuk mengajarkan supaya anak kita tidak pelit.
Demikian sekelumit pengalaman kami semoga bermanfaat.

salam hangat,
andi - ayahnya luthfie