Pak Dody,
Email bapak ini sudah cukup lama juga dimail box saya,
tadinya saya tidak ingin komentar karena masukan dari
Ibunya Bana dan Mbak Murti juga sudah ada. Hanya saya
ingin sedikit komentar tentang keluarga yang terpisah.
Saya tahu bahwa setiap keluarga pasti tidak ingin
berpisah namun karena berbagai alasan lah yang
menyebabkan suami-istri-anak tidak bisa berkumpul
bersama.
Untuk itu yang paling awal adalah membuat keputusan
yang tepat apakah perpisahan itu sangat perlu, apakah
masih ada alternatif lain sehingga tidak perlu
berpisah.
Seperti kasus bapak, mengapa diambil keputusan
berpisah, apakah di tempat bapak bekerja tidak ada
fasilitas rumah, apakah bapak selalu di lapangan
sehingga tidak bisa pulang (atau di laut). Atau
alasannya hanya faktor kenyamanan (istri sudah merasa
nyaman di kota lama atau tinggal bersama orang tua
dll).
Bagaimana pun perpisahan menyebabkan perasaan
(terutama ibu hamil) tidak stabil dan keadaan ini
apabila tidak diantisipasi dengan baik bisa
berpengaruh pada anak. Ibu dengan kehamilan yang
paling sehat pun kadang mengalami perasaan yang tidak
bisa diterima secara logis (sedih, marah, putus asa,
dll) jadi kehadiran pendampingnya sangat diperlukan.
Pada anak yang sudah lahir, ketidakhadiran ayah dalam
jangka waktu lama juga berpengaruh pada pembentukan
kepribadiannya jika tidak dicarikan tokoh ayah
pengganti. Anak memerlukan tokoh ibu dan ayah untuk
tumbuh dengan seimbang terutama untuk perkembangan
emosi dan sosialnya.
Karena saya tidak tahu pasti bagaimana kondisi
sebenarnya, jadi saran saya pastikan bahwa keputusan
berpisah dengan istri tersebut adalah The last choice
dan kalau pun hal tersebut tetap dipilih sebaiknya
merupakan keputusan yang berbatas waktu sampai keadaan
memungkinkan untuk berkumpul bersama.
Semoga kehamilan istri bapak lancar dan sehat.

Mamanya Dafi