Ini sekedar pengalaman dan sudah sering dibahas,
Anak saya ke-2 (sekarang 3,5 bln),lahir normal dan waktu diperbolehkan
pulang dgn bilirubin 9,8(masih batas normal).
Setelah 3 hari di rumah ternyata kelihatan perut, leher,mata (semakin
kuning),dan kembali ke DSA ternyata dengan Bill: 21,8.Bahkan DSA sudah
memvonis,jika dalam 24 jam pertama, tidak ada penurunan(di bawah 20),segera
harus dilakukan cross darah -transfusi tukar.saya sempat ciut juga mendengar
vonis tsb.tapi setelah  24 jam ternyata bilirubin anak saya turun menjadi
19,4 dst s-d hari ke5normal 9,8,dan hari ke -6 boleh pulang.Karena selama
ini yang saya tahu Hiperbilirubin jarang ditemui lebih dari 20.
Therapi yang diberikan adalah infus plasbumin (pengganti albumin darah-kalau
tidak salah)selama 3 hari/dosis saya tidak tahu persis.dan blue light
therapi selama 5 hari.
Memang saat ini -setelah perawatan dan sembuh sepertinya pertumbuhan anak
saya baik2 saja(BB 7 Kg,motorik sepertinya normal2 saja).Tapi ada yang ingin
saya tanyakan mungkin ada rekan2 yang tahu:
        * Apakah untuk nantinya ada efek 2 tertentu,karena hiperbilirubin yg
tinggi tsb menurut DSA disebabkan krn keracunan pada wkt hamil?
        *keracunan seperti apa yang dimaksud ??
Mohon sharingnya bagi yang mengetahui

thanks before,

Mamik J Maddenuang