Yth. Mamanya Dafi (eh, namanya sendiri siapa sih.....?),

Website drkoop.com yang Ibu cantumkan pada e-mail yang lalu,
saya lihat merupakan sumber yang cukup bagus.
Dan pemahaman Ibu kelihatannya cukup baik. Namun bila ada
yang kurang jelas, silahkan tanya lagi.

Tidak semua kemungkinan penyebab jaundis patogenik ini diperiksa
secara rutin, kadang dengan tujuan lain (seperti misalnya pemeriksaan
TORCH = Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovyrus, Herpes).
Biasanya rutin dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi atau pencegahan
pada kehamilan/bayi berikutnya bila pada kehamilan/bayi sebelumnya
mengalami jaundis patogenik misalnya oleh karena G6PD, Rh incompatibility,
thallasemia, dll.

Tidak semua penyebab bisa dicegah atau dideteksi sebelum kelahiran.
Pencegahan antara lain misalnya pada thallasemia, G6PD, dengan
konsultasi genetik pra nikah. Repotnya, kalau sudah cintrong, mana
tahan....!
Deteksi dini misalnya dengan pemeriksaan darah segera setelah lahir.

Demikian sementara ini. Semoga bermanfaat.

Dr. Rudy Sutadi, SpA