Yth. Ibu Diah Patria (Bundanya Sulthan),

Mohon maaf e-mail-nya baru dijawab sekarang. Soalnya e-mail yang masuk
ke saya dalam 1 hari minimal 100 email. Jadi tidak sengaja terlupakan
karena tertumpuk oleh e-mail lain yang juga perlu dijawab. Waktu itu
saya baca e-mail Ibu di [balita-anda].

Menirukan kata-kata dan bisa bernyanyi, belum tentu bukan kelainan.
Pada autisme-pun anak bisa menirukan kata-kata dan bernyanyi satu lagu
penuh (bahkan dengan nada/irama yang persis), yang kita sebut sebagai
ekolali (membeo). Bedanya kalau ekolali (segera maupun delayed-echolaly),
anak hanya sekedar mengulang-ulang kata tanpa makna. Bila ditanya maka
anak akan diam/tidak menjawab.
Misalnya kalau si kecil menyanyi: "Cucu caya, cucu bendeya".
Kalau kita tanya "Apa susunya?", anak autistik cuek saja, anak non-autistik
akan menjawab "bendeya" / "cucu bendeya" / "bendeya mah..." /
"ini....." sambil nunjukkin / dlsb.

Jadi yang perlu diperhatikan, bicara/menyebutkan kata-kata pada anak
non-autistik merupakan komunikasi, dia mengerti makna/isinya.
Istilahnya "nyambung" gitu.

Kalau anak bisa diperintah untuk meletakkan atau mengambilkan sesuatu,
apalagi kalau perintahnya tanpa bantuan visual (mimik kita, atau anak
misalnya tidak sedang melihat wajah kita) dan/atau gestural (misalnya
menunjuk, dll.), apalagi bila benda yang disuruh ambil berada di ruangan
lain, maka berarti reseptif (penangkapannya), kognitif (pemprosesannya)
dan responsnya tidak ada kelainan.

Namun yang dikuatirkan adalah timbulnya berputar-putar (spinning)
dan berjalan jinjit (toe-walking). Pada anak non-autistik pun, ada suatu
fase
anak melakukan hal ini. Bedanya pada penyandang autisme hal ini berlangsung
dengan frekuensi/intensitas yang tinggi dan berlangsung terus (tidak
menghilang).

Untuk mendiagnosis autisme, diperlukan paling tidak 6 kelompok gejala dari
12 kelompok yang ada di DSM-IV. Jadi ada/tidaknya satu gejala tidak dapat
dikatakan seorang anak autistik atau non-autistik.
Ibu bisa mencoba skrining dengan CHAT (Checklist for Autism in Toddler) yang
pernah saya post. Bila tidak ada arsipnya, akan saya forwardkan.
Selain itu, coba saja cocokkan dengan kriteria yang ada di DSM-IV (pernah
juga saya post, akan saya forwardkan bila tidak punya arsipnya).

Secara sederhana, anak autistik tidak mempunyai/menunjukkan :
- Kontak mata (yang lekat)
- Declarative pointing (menunjuk-nunjuk benda-benda yang menarik
perhatiannya)
- Joint attention (mempunyai perhatian yang sama dengan kita, misalnya sama-
   sama menengok ke arah munculnya kembang-api, ada baliho/balon-udara
   besar dan yang sangat mencolok/menarik perhatian)
- Pretend play (bermain pura-pura dengan imajinasinya)
- Lebih tertarik pada orang dibanding barang
- dll

Demikian sementara yang bisa saya jawab untuk Bundanya Sulthan yang
sedang khawatir. Kita sama berdoa, Insya Allah, Sulthan baik-baik saja.
Amin!

Dr. Rudy Sutadi, SpA