----- Original Message -----
From: Yani-Prime Indonesia <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, January 10, 2001 9:34 AM
Subject: Re: [balita-anda] Berat Bayi

> Mbak Endra,
> Mohon info..waktu anak mbak dites faeces apakah juga berbarengan dengan
tes
> mantoux..juga waktu tes faeces apakah pada saat itu juga diambil dari anus
> (maaf..) anak kita..

Mbak Yani,

Kebetulan anak saya tdk berbarengan tes faecesnya dgn tes mantoux. Tes lab
faeces dilakukan dgn mengambil sampel faeces si anak, jadi tdk langsung ke
anusnya. Caranya ya kalau Raihan BAB diambil saja sedikit dan dimasukkan
dalam wadah tertutup yg bersih (biasanya saya pakai wadah bekas/tube obat
puyer). Meskipun dari tes lab faecesnya sdh ketahuan penyebabnya adl jamur
tapi di hari berikutnya anak saya tetap dites mantoux.

> Setelah ketahuan ada jamur dipencernaan berapa lama therapinya Mbak, berat
> badan anak mbak apakah sekarang sudah naik..
> Kenaikan berat badan bayi yang normal tiap bulan berapa ya mbak..??

Begitu minum obat yg diberikan, mulai besoknya, alhamdulillah nafsu makannya
jadi baik dan BABnya pun jadi hanya 1x. Sampai sekarang anak saya dalam
kondisi yg jauh lebih baik dari sebelumnya, meskipun obat yg diberikan sudah
habis. Dalam 1 minggu BBnya bisa naik 3 ons. Lama therapinya sendiri saya
tdk tahu, tapi biasanya kenaikan BB anak akan tetap dipantau dalam 6 bln
mendatang.

Kalau dari tabel Depkes, saya berkesimpulan bhw kenaikan rata-rata batita
akan lebih menurun seiring dgn pertambahan umurnya. Jadi, untuk bayi usia
0-3 bln rentang kenaikan 100%nya adl 7-9 ons, usia 4-9 bln rata-rata 4-5
ons, usia 9 bln keatas 3 ons per bulannya.

Semoga bermanfaat -endra-