Mbak Kundari,
Memang rasanya kalau kita belum siap untuk hamil rasanya gimana gitu
ya..apalagi kalau udah terlanjur mengkonsumsi obat"an untuk meransang supaya
haid keluar.  Mengenai efek dari minum EM kapsul ini sebaiknya ditanyakan
langsung ke dokter, tapi semoga aja nggak apa" ya...........Amin.

> 1.   Apakah biar terlambat sehari kita tidak Haid , sudah bisa dibilang
> hamil?
        Tergantung mbak, kalau siklus haid kita memang teratur bisa jadi
memang hamil, sebaiknya kalau kita sudah menikah dan tidak KB apa", kalau
udah terlambat haid kita harus lebih hati", usahakan jangan mengkonsumsi
obat apapun dan setelah seminggu dapat dicoba pakai test pack, kalau positif
sebaiknya segera ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.  Tapi bisa aja
terlambat 1 minggu kita negatif lho.........jadi untuk kepentingan dan
keselamatan ibu & calon bayi kita harus lebih hati".
> 2.   Apakah jika berhubungan badan dimasa seminggu kita mendekati haid
> dapat menyebabkan hamil (perlu diketahui Bulan  Agustus 2000 saya mendapat
> haid tanggal 5 , September 2000 saya terakhir haid tanggal 3 (apakah ini
> mempengaruhi masa kesuburan saya)
        Kalau dilihat dari siklus haid mbak Kundari sepertinya 28 hari
ya.ini normal koq.  Memang seminggu mendekati haid itu masa  tidak subur.
Katanya sich...kalau kita berhubungan pada masa itu besar kemungkinan
anaknya cewek (jangan percaya 100% lho), tapi jangan salah walau masa tidak
subur pun kita bisa saja hamil, ini namanya karunia mbak dan harus kita
syukuri.  Teman saya ada yang KB kalender, dia udah ketat banget tapi tetap
aja jadi.
> 3.   Alat KB mana yang cocok untuk usia saya yang 25 tahun yang permanent
> ?
        Alat KB yang permanent?  Maksudnya apa mbak?  Kalau menurut saya
kalau kita baru menikah dan belum pengen punya momongan ya KB kalender
(selama ini sudah mbak Kundari jalani ya?), soalnya dikhawatirkan kalau KB
yang lain untuk selanjutnya susah punya momongan.  Nggak apa" koq mbak,
mungkin mbak Kundari punya alasan snediri belum mau punya momongan, tapi
Insya Allah ini memang rezeki, jadi harus diterima dengan ikhlas, ingat
banyak lho yang pengen banget punya momongan tapi belum dapet dan mereka
berani bayar berapapun untuk mendapatkannya.
> 4.   Apakah obat yang saya minum kala saya hamil dapat menyebabkan /
> menganggu janin saya?
        (Yenni)Untuk hal ini tanyakan sama dokter ya.....tapi  semoga aja
nggak apa".  OK.....selamat ya mbak, semoga si kecil kelak menjadi anak yang
dibanggakan orangtuanya.

        Mamanya Naufal