Bu Octa,

Keponakan saya pernah mengalami hal serupa..memang kalau sudah mengeras
harus dibawa ke THT, kalau memang keras sekali tidak bisa dikeluarkan
biasanya oleh THT diberi obat tetes (u/bbrp hari) untuk melunakkan kotoran
tsb.
Setelah kotoran tsb lunak baru akan dikeluarkan, dan menurut kakakku kotoran
itu bentuk bulat seperti kelereng kecil.
Menurut kakak saya memang sewaktu akan dikeluarkan anaknya harus dipangku
oleh ibunya dan bapaknya yang memegangi tangannya saat dr THT mengeluarkan
kotoran tsb..hrs sedikit tega sih...'

Regards,
Ibu Farhan + Raihan