Yth. Ibu Nawangsari,

Vaksinasi yang dihubungkan dengan autisme adalah, pertama
DPT dan Hepatitis B karena mengandung thimerosal (ethyl-mercury),
kedua MMR karena efeknya menyebabkan enterokolitis autistik
(kemudian kaitannya dengan leaky gut syndrome beserta akibatnya)
dan secara langsung melalui proses otoimun yang merusak MBP
(myeline basic protein, yaitu sarung saraf yang ada di otak).
Sedangkan vaksin lain (mis. BCG) saat ini tidak dikaitkan dengan
peningkatan angka kejadian autisme.

Di Amerika pun, pemerintah mereka belum secara tegas melarang
penggunaan vaksin yang thimerosal-free. Berhubung persediaannya
masih sangat terbatas, sehingga bila segera dilarang, maka tidak
tersedia cukup vaksin untuk semua anak di Amerika.
Selain itu, alasan lainnya, yang saya tidak habis pikir/mengerti,
yaitu karena saat ini baru 1 pabrik yang memproduksi vaksin
hepatitis B yang thimerosal-free yang telah FDA-approved,
maka dikuatirkan hanya 1 pabrik itu yang diuntungkan. Aneh ya?!

MMR menjadi perdebatan hebat mungkin karena ada "perlawanan"
dari pabrik pembuatnya?
Sedangkan vaksin yang mengandung thimerosal (ethyl-mercury)
mungkin tidak lagi dapat berkelit, karena secara telak telah diketahui
bahaya pasti dari mercury (air-raksa).

Demikian sementara, semoga bermanfaat.

Dr. Rudy Sutadi, SpA