Bu,
Umurnya anaknya berapa tahun? untuk belajar menggambar
bukan hanya perlu imajinasi, yang terpenting adalah
kematangan alat dan otot geraknya. Jadi nggak akan
bisa dipaksa anak usia 2,5 tahun untuk menggambar
bentuk selain garis lurus dan lingkaran.
Kalau tidak salah dulu pernah ada rekans yang memberi
artikel tentang kemampuan motorik halus (yang
berhubungan dengan menulis, menggambar dll) sesuai
dengan usianya? mungkin ibu bisa menjadikan itu
sebagai referensi apakah kemampuan anak ibu sudah
seusai dengan usianya.
Untuk imajinasi tanpa  harus menggambar dengan bentuk
yang 'lumrah' ibu tetap bisa membangun imajinasi anak
berdasarkan coretan yang dia buat.
Saya ingat Dafi, dengan sebuah lingkaran besar dan
sedikit lingkaran kecil bercerita kalau itu gambar
mama, papa dan Dafi sedang baik kereta api, nganter
kakek ke jakarta. Yang saya encourage dari dia adalah
kemampuan mengungkapkan apa sih yang ada di pikiran
dia sebagai kemampuan berbahasa, diselipkan juga
dengan pengetahuan nama benda, waran, bentuk dll.
Yang terpenting jangan mencela/mengkoreksi gambar anak
hanya karena bentuknya aneh, biarkan dia membentuk
dunia gambarnya sesuai dengan aliran gerak tangannya.
Begitu dulu ya bu

Mamanya Dafi