saya ingin berbagi pengalaman.
anak saya jarang sekali pakai diaper, cuma kalau pergi jauh. Memang kalau tidur malam
kita harus gantiin popoknya kalau basah tapi saya pikir itu kan bukan hal yang sulit
banget (rada capek memang eh bukan capek tapi ngantuk. masak cuma gantiin popok aja
capek). Waktu bulan-bulan pertama anak saya tidur jam 7 malam terus bangun kira-kira
jam 10/11 (ternyata ngikutin pola suami saya pulang kuliah) pipis, nyusuin dan
kebetulan saya memang belum tidur. setelah anak saya tidur lagi (kami semua juga),
anak saya kira-kira jam 3 atau jam 4 bangun lagi, kadang pipis kadang cuma nyusuin.
Yang bangun bukan saya dulu tapi suami saya, kalau pipis dia yang gantiin popoknya
sambil ngajak ngobrol bayi, setelah itu baru bayinya dikasih ke saya untuk disusuin.
Pikir-pikir enak juga ya. Padahal kan kasian suami saya udah kerja pagi hari (tanggung
jawabnya cukup besar), langsung kuliah, pulang malam ngobrol-ngobrol dulu sama saya
baru tidur kira-kira jam 11/12 malam. ikut bangun gantiin popok. Saya pikir memang
harus begitu juga biar anak merasa diperhatikan bapaknya juga (ya memang waktu
ketemunya cuma sedikit. Sekarang walaupun anak saya tidak pipis waktu malam tetap aja
bangun malamnya (haus kan, yang tua aja haus). Jadi sebenarnya nggak pake diaper juga
nggak apa-apa. saya suka ngebayangin, kalau kita pake pembalut aja suka nggak nyaman
apalagi segede itu.
Tapi ngomong-ngomong masalah kolok, saya jadi ingat teman saya juga pernah ngasih yang
seperti kolok (saya nggak tahu kolok itu seperti apa), bahannya bukan kertas bukan
kain, tipis tapi bisa nyerap pipis, jadi pantatnya tidak basah. katanya belinya di
blok M mereknya PEX. Jadi terserah mau pakai apa, popok kain, kolok atau diapers.
Popok kain bisa dicuci, diganti kalau basah sehingga tidak menyebabkan iritasi, murah
lagi. Kalau lagi gantiin jadikan sebagai ajang interaksi dengan bayi.
kalau pake "kolok"? harus tetap pake popok kain juga
kalau pake diaper, mahal, nggak ramah lingkungan, kita tetap aja bangun malam untuk
nyusuin, sering menyebabkan iritasi, memang agak praktis buat ortunya. Masalah
perkembangan otak? kan yang membesar-besarkan perusahaan diaper itu sendiri. Anak
memang punya kebutuhan yang berbeda untuk masing-masing umur. Cari tahu kebutuhan bayi
tidur bulan perbulannya. saya pernah ngitung dan anak saya cukup mendapat tidur kok
walau tanpa diaper.
Kayaknya pendapatnya mbak dian bagus deh.
salam
rita

--- "wiwid" <[EMAIL PROTECTED]>
> wrote:
>sejak baru lahir, anak saya pakaikan popok dan dialaskan "KOLOK", itu berupa
>lapisan lembut, yang fungsinya kalau anak saya pipis maka di maaf, pantatnya
>tidak basah (tetap kering)
>mama Alif

"A room without books is like a body without a soul."
-- Marcus T. Cicero