Bu Misty...
saya ada artikel ttg musik klasik, tapi ttg Enfa yg bikin konser musik
klasik saya ngga tahu ya Bu... moga2 bermanfaat
dari http://www.satuwanita.com/index.html/ananda/0,5340,0/
Ajarkan Bayi Belajar Bicara Lewat Musik
satuwanita.com - Ternyata para bayi bisa memiliki suatu kesamaan terhadap
maestro musik klasik seperti Bach dan Beethoven. Mereka memiliki kesamaan
dalam mendengarkan tinggi nada yang tepat. Bayi lahir bukan tanpa kemampuan
apa-apa, tapi telah siap untuk belajar.
Tapi bagaimana tinggi nada yang tepat bisa membantu bayi dalam belajar? Hal
ini mungkin berkaitan dengan bagaimana otak merespon suara bunyi dan
frekuensi. Pada bayi dan orang dewasa memproses suara dengan cara yang
berbeda-beda.
Bayi-bayi dilahirkan mirip seperti seorang ahli "statistik kecil" yang
memiliki kemampuan mendeteksi pola pada suara. Metode pendengaran ini
merupakan dasar untuk mempelajari bahasa dan memberi bayi kemampuan untuk
mengerti antara lain dimana kata-kata dimulai dan diakhiri.
Sama halnya dengan ahli gambar peta, tinggi nada yang tepat juga memerlukan
perlengkapan yang detail yang memberikan bayi suatu kemampuan untuk melacak
semua informasi yang sesulit apapun melalui pendengarannya.
Namun demikian kemampuan bayi akan semakin berkurang setelah anak tumbuh
dewasa. Tapi bayi akan merasa bosan bila mendengarkan serangkaian nada
sempurna yang sama. Mereka akan terpaku pada serangkaian musik dari nada
yang relatif berbeda.
Waktu yang tepat untuk mempelajari musik adalah pada saat anak berusia enam
tahun, karena ada suatu masa kritis pada awal kehidupan dimana setiap orang
bisa memperoleh nada yang tepat, setelah itu sangat sulit untuk
mendapatkannya kembali.

Mama Ariq