Pak Agus,

Sebetulnya yg harus bapak ketahui terlebih dahulu adalah apa arti flek di
paru ini, apakah hanya lendir yg banyak terdapat di paru-paru (mengingat
hasil tes mantouxnya negatif) atau flek yg artinya TBC paru. Hal ini bisa
ditanyakan pada dsanya atau bisa juga dijalani 1 jenis tes lainnya, yaitu
tes darah untuk mengetahui apakah si kecil kena TBC paru atau tidak.
Sepanjang yg saya tahu hasil tes mantoux negatif tidak selalu berarti anak
bebas penyakit TBC. Apalagi kalau kondisi anak selama ini menunjukkan sering
batuk, sakit panas, pilek, atau sering diare, kenaikan BB lamban, hal-2 tsb
bisa dijadikan tanda adanya penyakit TBC paru. Kalau sudah ada kepastian
sakitnya apa, baru bisa diambil tindakan selanjutnya. Jadi, sekali lagi,
cari tahu dgn pasti, apa arti flek di paru-paru tsb.

Seandainya anak bapak divonis menderita TBC paru, obatnya juga mudah dan
murah, asal telaten memberikannya, anak akan sembuh dalam waktu 6 bln - 1
thn, tidak perlu obat alternatif/tradisional lainnya. Anak juga tidak
terlalu perlu dibatasi bergeraknya (ini pengalaman saya ..). Karena sesudah
minum obat parunya, dengan sendirinya kondisi tubuh mulai membaik,
metabolisme membaik, penyerapan gizi makanan membaik, otomatis semua hal ini
memungkinkan si kecil untuk tetap aktif bergerak.

Begitu pak yg saya tahu (tolong dikoreksi kalau ada yg salah). Semoga
fleknya si kecil bukan TBC ya pak.
-endra -