Dear Pak Agus,

Flex paru belum tentu TBC, bisa jadi radang paru2 yg disebabkan batuk tdk
sembuh dgn tuntas. Untuk memastikan flex tsb TBC atau bukan, coba test
darah.
Pengalaman keponakan Saya (2,5 thn), dia sering batuk (dgn dahak) akhirnya
kita bawa ke DSA. DSA nya hanya menyuruh rontgen tanpa test darah. Saya coba
konsultasi dgn sdr saya dr umum, dia menyarankan utk sekalian test darah +
LED (laju endap darah). Hasil test Saya bawa ke DSP (paru2), hasil rontgen
thorax flex, tetapi hasil darah bagus (menurut sdr dr. umum, penderita TBC
mempunyai LED tinggi), ternyata diagnosanya sama dgn DSP, DSP memastikan
bahwa ponakan saya terkena radang paru2 bukan TBC. Akhirnya dikasih obat
puyer utk 2 minggu, alhamdulillah sekarang dia sehat tanpa ada batuk2 lagi.

Kalau melihat kasus puteranya Pa' Agus sepertinya bukan TBC, karena
penderita TBC cenderung pasif, lemas, kurang nafsu makan dan pucat.

Sebagai tambahan kalau sudah tahu penyakit-nya apa, saya lebih cenderung
memilih dokter spesialis penyakit tsb, makanya hasil lab langsung kita bawa
ke DSP bukan ke DSA lagi.

Demikian moga2 berguna,

Wass,
papanya Azthi.