dear netters,

seperti yang berlaku di masyarakat kita, segala sesuatu pasti ada
etika/etiketnya.
juga ber-email, apalagi ikutan milist seperti ini, hampir dipastikan di
footer setiap email yang kita terima ada etika berinternet (netiket), kalau
milist ba ini di [EMAIL PROTECTED]
tapi yaitu kebanyakan dari netters sangat sibuk sehingga ngga sempat
buka/meminta info itu.
juga sebenarnya kalau kita subscribe pertama kali pasti ada itu netiket.
tapi coba saya beri sedikit trik dari yg sering kita temui di ml ini.
pertama, kalau kita minta orang lain reply ke kita via japri tolong sertakan
address japri itu.
contoh : "tolong kirim via japri ke [EMAIL PROTECTED]", hal ini karena tidak
semua netters paham cara seperti ini (jarum/jalur umu-japri/jalur pribadi).
begitu juga yg mereply tolong tidak asal klik toolbar reply, karena akan
nyasar ke jarum.
kedua, kalau kita posting/kirim dgn tema baru, tolong subject ditulis yg
agak jelas, hindari kata-kata "help!", "urgent!", "tolong" dsb yg tidak
representatif, karena seperti kebanyakan netters yg lain mereka cukup sibuk
utk buka satu-satu semua email yg masuk (dari ml ba ini saja sehari
rata-rata 130-an email), yang kadang isinya tidak berhubungan atau kurang
menarik netters tsb.
ketiga, kalau mereply dengan tema yg agak berbeda/sesuatu yg baru, beri
subject baru diikuti subject lama. contoh "subject:[FEDUs] makalah cinta
baca (was:booklet otak anak)", sehingga orang tahu/bisa menduga isi body
email tsb.
demikian, semoga berkenan, buat nyamanlah orang lain utk kenyamanan kita.
minta maaf bagi yg tidak berkenan.

salam, fedus.
Care about children, visit my page at
http://fedus.8m.com or http://www.fedus.org