Dear Mbak Ningrum,
saya ngga' tahu pasti istilah ILA yg mbak sebutkan,
tapi memang ada pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit wkt kontraksi
persalinan. Yg saya tahu adalah anestesi epidural. Pengobatan ini dg cara
menyuntikkan obat anestesi ke spinal cord [syaraf tulang belakang].
Anestesi [mati rasa] ini akan berpengaruh ke pinggang ke bawah, di mana
terjadinya konstraksi persalinan itu. Jadi kita akan merasa 'bebal' selama
persalinan itu, tp kita masih bisa merasakan konstraksinya, tapi kita
ngga' merasakan sakitnya. Begitu juga waktu 'pushing', kita bisa
merasakannya kok... tp ya ngga' sakit aja!

Pemberian anestesi ini biasanya dilakukan sebelum pembukaan 3 [maaf klu
salah, pak dokters koreksi donk]. Klu di atas itu katanya sih sdh telat
[tapi daku dulu juga telat ding....].

Mengenai efek samping anestesi epidural ini, ya yg kuat sih paling mual
dan muntah, tp ada bahayanya juga lho.... Klu anestetist-nya meleset dikit
aja... wah, bisa rusak tuh syaraf tulang belakang, jadi musti ati2 banget
dan kitanya harus bener2 diam-am-am, meski wkt itu lagi kontraksi atau
lagi sakit... kita musti bener2 diam-am.

Selain itu juga, memang pinggang [boyok] jadi pegel, kesannya jadi sakit
boyok beberapa saat lah.

O iya, swkt dalam pengobatan, jangan coba2 turun dr tempat tidur ya...
bisa jatuh... krn kita ngga' bisa kontrol kaki kita!!

Ya, itu deh sedikit ttg anestesi epidural, maaf saya tdk tahu apa ini yg
disebut ILA, atau ILA ada artinya yg lain, mungkin reakn2 lain bisa bantu.

Btw, ada satu lagi yg disebut Lamaze program. Ini membantu persalinan
tanpa pengobatan, hanya memusatkan diri pada pernafasan selama kontraksi
persalinan. Klu bener2 serius, bisa kok mengurangi rasa sakit selama
kontraksi.

yuk... semoga bermanfaat!

best regards,
Quinike