Mbak Ningrum,

waktu melahirkan dulu, saya di-epidural. Jadi dari pinggang ke bawah ke-block
rasa sakitnya. Saya nggak tahu apa ini sama dengan ILA ?
Keuntungannya : kita bisa konsentrasi penuh mengedan, tanpa harus terganggu
rasa sakit, dan selama kontraksi menunggu bukaan penuh, kita tidak merasa
sakit, jadi ibu bisa lebih relax. Selama tahapan melahirkan sama sekali tidak
terasa sakit baik waktu diperiksa dalam, di-episiotomi, pembersihan plasenta,
dijahit, dllnya.
Kerugiannya : tanda2 kontraksi tidak terlalu terasa, kecuali perut yg.
kenceeng sekali dan tau-tau menjulang...he-he-he... Kalo sudah begitu, baru
disuruh ngeden. Yang katanya ada perasaan ingin BAB juga nggak akan terasa,
karena sudah di-block dari pinggang ke bawah. Biaya melahirkan lebih mahal,
karena harus bayar dokter anestesi, dan obat2an anestesi yg. digunakan.
Efek samping yg. mungkin timbul : mual, penurunan tekanan darah. Untuk menjaga
tekanan darah stabil, biasanya diberikan infus. Waktu itu saya sih tidak
terdapat penurunan tekanan darah, mual, dllnya. Cuma rasanya kebas di kaki.
Biasanya dipijat-pijat sama ibu saya baru enakan. Ada yg. mengatakan, epidural
bisa mengakibatkan kelumpuhan ; saya rasa sih mungkin saja, karena yg. diajak
'main-main' kan syaraf. Tapi kalo begitu, anestesi spinal (?) di operasi
caesar  juga bisa beresiko kelumpuhan ? Dan rasanya jarang sekali saya dengar
kasus orang lumpuh karena dicaesar ?

Salam,
Rien