On Fri, 1 Jun 2001 10:07:09 +0700
Rosalie Helena <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Adakah yang bisa memberikan masukan kepada saya bagaimana caranya agar anak
> saya (usia 3 bulan)suka minum susu (selain ASI)?
> Sebagai informasi: sekarang ini dia minum susu Nutrilon Premium, menggunakan
> dot silicon merk Pigeon. Dia malas/tidak suka minum susu kecuali ASI,
> padahal saya bekerja.   Apakah rasa susu dan kelembutan karet dot bisa mempengaruhi
>nafsu minum
> susunya?
> Amankah bila susunya saya ganti dengan susu S26 atau merk lain?

Sebaiknya tetap memberikan ASI sampai minimal 4 bulan. ASI Mbak Rosalie
bisa diperah dan disimpan dalam kulkas.

Bayi yang selalu diberi ASI memang biasanya menolak diberi susu kaleng.
Sama seperti bayi yang dari lahir dibiasakan susu kaleng cenderung
menolak ASI. Itu menandakan indera pengecap bayi/lidah sudah berfungsi
dan bisa membedakan rasa.

Kalau memang harus diberi susu kaleng,  sebaiknya setelah 4 bulan dan
diperlakukan seperti makanan tambahan biasa. Anak saya 4,5 bulan sudah
mencoba Nutrilon, bebelac, enfamil, morinaga dan akhirnya cocok dengan
similac. Diperhatikan juga apakah anak diare saat kita mengganti susu.

Regards,
F e r o n a
Bunda Segara